Mal Ciputra Beri Ruang bagi Para Tuna Rungu untuk Berkreasi

- Jumat, 24 Juni 2022 | 14:48 WIB
Sebanyak 25 penyandang tuna rungu  yang tergabung dalam Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Semarang tampil sebagai pembuka event liburan ‘The Jungle’ di Mal Ciputra Semarang, Jumat 24 Juni 2022.  (arri widiarto/ayosemarang.com)
Sebanyak 25 penyandang tuna rungu yang tergabung dalam Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Semarang tampil sebagai pembuka event liburan ‘The Jungle’ di Mal Ciputra Semarang, Jumat 24 Juni 2022. (arri widiarto/ayosemarang.com)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Meski memiliki keterbatasan dalam hal pendengaran, namun hal itu tak mengurangi kreativitas dan semangat penyandang tuna rungu untuk tampil diatas panggung untuk menari.


Sebanyak 25 penyandang tuna rungu yang tergabung dalam Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Semarang tampil sebagai pembuka event liburan ‘The Jungle’ di Mal Ciputra Semarang, Jumat 24 Juni 2022.

Lalu, bagaimana mereka bisa menyelaraskan dengan musik saat menari di atas panggung? Ternyata mereka memiliki cara sendiri yakni melihat dan mengingat gerak yang telah diajarkan. Pada tampilan pertama, mereka pun bisa tampil luwes menari diiringi lagu Waka waka yang dipopulerkan Shakira.

Ada juga pantomim yang mengekspresikan mimik dan gerak. Bersama para siswa dari Rumah Pintar Berkebutuhan Khusus Gangguan Pendengaran Efata dan Sanggar Laras Sukam Ayu, mereka menyanyikan 'Mars Difabel Bersatu'.

Baca Juga: Pelancong Wajib Coba, Ini 5 Tahu Gimbal Khas Semarang yang Rugi Kalau Enggak Dicicipi

Tidak hanya berkesenian, penampilan mereka yang tergabung dalam Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) ini juga membawa misi edukasi. Dipandu oleh tim dari Bisindo, mereka mengajarkan bahasa isyarat kepada pengunjung mal. Kata sehari-hari seperti ‘terima kasih’, ‘maaf’ dan ucapan salam menjadi salah satu materi yang diajarkan.
Ketua Gerkatin Kota Semarang Dimas Mahendra Teguh Kriswanto mengatakan dalam acara ini ada 50 orang anak-anak dan dewasa yang tampil. Ia berharap, kreativitas panderita tuna rungu ini juga diapresiasi oleh masyarakat. ''Kami berterimakasih mendapat kesempatan tampil di Mall Ciputra ini,'' jelas dia.

Mall Manager Ciputra Semarang, Ani Suyatni, saat pembukaan acara menyatakan event-event yang diselenggarakan oleh Mall Ciputra tidak hanya bertujuan menghibur, tetapi juga harus mengedukasi dan bermuatan sosial seperti saat ini. ''Kami memberikan wadah bagi penyandang disabilitas untuk berkreasi. Besok di tanggal 27 Juni, kami mengundang juga para siswa YPAC untuk tampil,” jelasnya.

Gelaran yang diselenggarakan hingga 4 Juli mendatang ini diharapkan mampu memanjakan dan membuat pengunjung betah. Tidak sekedar belanja, tetapi juga ‘refreshing’ menikmati rangkaian event.
Puncak acara ditandai dengan penampilan girl band JKT 48. Sebanyak 14 personil akan menyapa pengunjung, Jumat 1 Juli 2022. Rangkaian kegiatan mulai Private Talk, Meet and Greet hingga Mini Live Concert.

Baca Juga: KKN di Desa Penari Bakal Rilis Extended Version, Versi Utuh Kisah Aslinya, Ini Jadwal Tayang di Bioskop

Berbagai pengisi acara siap menyemarakkan gelaran kali ini. Ada sekolah musik DD Pratama, Chytara, Maestro, Nungky, Yamaha, Haning, Halmahera, Allegro dan Melodi. Untuk penampilan bakat lainnya ada Totok Shahak, Expose, Bayu Ramli, Lucette,Dee and Friends, Step Up, Studio Narindra, Sanggar Sekar Taman dan PAUD Beetle Bug. Kegiatan lainnya workshop membatik dari Al Fath dan Margaria serta kompetisi lego dari Robokidz.***

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KAMUS SEMARANGAN Rak Mang Tuku, Regane Larang

Selasa, 28 Juni 2022 | 20:15 WIB
X