6 Keutamaan Puasa dan Perbanyak Istighfar di Bulan Rajab

- Rabu, 19 Januari 2022 | 14:33 WIB
keutamaan yang mesti tidak boleh dilewatkan oleh semua umat Islam di Bulan Rajab yang jatuh pada 3 Februari 2022. (istimewa)
keutamaan yang mesti tidak boleh dilewatkan oleh semua umat Islam di Bulan Rajab yang jatuh pada 3 Februari 2022. (istimewa)

 

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Umat Islam tak lama lagi akan menyambut bulan Rajab 1443 H. Dalam kalender Masehi, bulan Rajab akan jatuh pada, Kamis 3 Februari 2022.

Dalam ajaran Islam, Rajab merupakan salah satu bagian dari empat bulan yang dimuliakan. Sebab di bulan tersebut terdapat banyak sekali keutamaan-keutamaan yang mesti tidak boleh dilewatkan oleh semua umat Islam.

Saat bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak berdoa, membaca istighfar dan membaca selawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Keutamaan Meninggal Dunia di Hari Jumat Menurut Islam, Dapat Pahala Syahid

Tak hanya itu, selama bulan Rajab umatmuslim juga dianjurkan untuk puasa, sebagaimana sudah banyak dijelaskan oleh para ulama dalam kitab-kitab mereka.

Bulan Rajab termasuk bulan yang dimuliakan, sebab itu kita dianjurkan untuk puasa. Bulan Rajab juga termasuk bulan haram, selain Muharram, Zulqaidah dan Zulhijah.

Berdasarkan hadits riwayat Imam al-Baihaqi dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi SAW bersabda:

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sungai yang disebut Rajab, lebih putih dari susu, lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa dari bulan Rajab satu hari, maka Allah kelak memberinya minum dari sungai tersebut.”

Adapun keutamaan-keutamaan di bulan Rajab, yang dilansir dari berbagai sumber adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X