Duta CBP Rupiah BI Tegal Beberkan Cara Perlakukan Uang Kertas dengan Baik

- Rabu, 22 Juni 2022 | 18:29 WIB
Rizki Maulana Bahari teler BNI Cabang Pembantu Batang, saat mengedukasi nasabahnya, Rabu 22 Juni 2022. Foto: Muslihun Kontributor Batang. 
Rizki Maulana Bahari teler BNI Cabang Pembantu Batang, saat mengedukasi nasabahnya, Rabu 22 Juni 2022. Foto: Muslihun Kontributor Batang. 


BATANG, AYOSEMARANG.COM - Edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah merupakan tugas bersama antara Bank Indonesia dan seluruh perbankan yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu pun tercantum dalam undang-undang No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang.

Menurut Duta Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tegal, Rizki Maulana Bahari mengatakan, ada beberapa cara memperlakukan uang rupiah kertas yang sesuai dengan arahan pemerintah.

Baca Juga: Ajak Pimred Media di Peresmian Mentawir, Jokowi Tunjukkan Keseriusan Garap Lingkungan

"Perlakukan uang rupiah itu ada 5J yaitu jangan dilipat, disteples, jangan ditekuk, jangan di coret - coret dan jangan dikotori," kata Rizki Maulana Bahari dari BNI Pekalongan yang bekerja sebagai teler di BNI Cabang Pembantu Batang, Rabu 22 Juni 2022. 

Ia pun mengatakan, memperlakukan uang rupiah dengan baik menjadi tanggungjawab bersama. Karena uang rupiah sebagai salah satu identitas dan simbol Bangsa Indonesia. 

"Jadi kita sebagai warga Indonesia harus menghargai uang rupiah baik uang kertas maupun koin," jelasnya. 

Rizki panggilan akrabnya juga menyatakan, masih banyak menjumpai masyarakat yang memperlakukan uang rupiah tidak semestinya. 

"Masyarakat banyak belum paham cara penyimpanan dan memperlakukan uang rupiah. Kita sering menjumpai uang rupiah jenis kertas dicoret - coret, menggambari. Itu sangat disayangakan katanya. 

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BRIN Gelar Bimtek Kekayaan Intelektual di Batang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:39 WIB
X