Antara Puasa Dzulhijjah dan Qadha Puasa Ramadhan, Mana yang Lebih Utama?

- Rabu, 29 Juni 2022 | 15:09 WIB
Ilustrasi. Antara puasa Dzulhijjah dan qadha puasa Ramadhan, mana yang lebih utama.  (Pexels/Naim Benjelloun)
Ilustrasi. Antara puasa Dzulhijjah dan qadha puasa Ramadhan, mana yang lebih utama. (Pexels/Naim Benjelloun)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Berikut penjelasan mengenai mana yang harus didahulukan jika ingin puasa Dzulhijjah tetapi masih memiliki hutang puasa Ramadhan.

Puasa Dzulhijjah merupakan puasa sunnah yang waktunya paling pertama ditunaikan oleh umat muslim diantara puasa sunnah lainnya saat Idul Adha sudah dekat. Puasa Dzulhijjah ini dilakukan sebelum Hari Raya Idul Adha selama 10 hari, dimulai dari tanggal 1 Dzulhijjah.

Diketahui, Puasa Dzulhijjah juga sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Memang tidak dipungkiri bahwa cukup banyak umat muslim yang biasanya masih memiliki hutang puasa Ramadhan dan belum sempat untuk melakukan qadha.

Baca Juga: Kapan Puasa Arafah Mulai Dilaksanakan? Bisa Menghapus Dosa Setahun

Tentunya tidak terlepas dari sifat manusia yang pelupa, atau memang yang benar-benar belum sempat untuk mengganti kewajiban tersebut. Baik karena sakit, belum mampu, dan lain hal.

Alasan lain mungkin karena bulan Dzulhijjah masih dekat dengan bulan Ramadhan, sehingga beberapa umat muslim masih memiliki hutang puasa Ramadhan yang belum dilunasi.

Yang jadi banyak pertanyaan, bolehkah seseorang yang masih memiliki utang puasa Ramadhan menjalankan ibadah puasa lainnya?

Baca Juga: Cara Qodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar Beserta Niat dan Urutannya

Para ulama pun banyak yang berbeda-beda pendapat akan hal ini. Bukan hanya tentang puasa Dzulhijjah, melainkan untuk berbagai puasa sunnah lainnya terhadap puasa Ramadhan.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X