Alasan Idul Adha Sering Disebut Lebaran Haji

- Jumat, 1 Juli 2022 | 15:19 WIB
Alasan Idul Adha sering disebut Lebaran Haji. (Pixabay/Dinar Aulia)
Alasan Idul Adha sering disebut Lebaran Haji. (Pixabay/Dinar Aulia)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Idul Adha menjadi hari raya lainnya selain Idul Fitri bagi umat Muslim. Beberapa orang juga menyebut hari raya Idul Adha sebagai Lebaran Haji. Lalu bagiamana awal mulanya bisa disebut Lebaran Haji? Berikut alasan lengkapnya.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan Idul Adha sebagai hari libur nasional. Penetapan Idul Adha berdasarkan kalender Hijriah, tepatnya pada tanggal 10 di bulan Dzulhijjah. Perlu diketahui, bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir tahun Hijriah dalam penanggalan Islam.

Tidak lama lagi umat Muslim di seluruh penjuru dunia akan menyambut datangnya hari raya Idul Adha pada tahun 2022 ini.

Baca Juga: Sambut Bulan Dzulhijjah, Ketahui Keistimewaan Amalan Lain Selain Puasa

Idul Adha akan jatuh pada tanggal 9 Juli 2022. Berbeda dengan Idul Fitri yang identik dengan momen saling bermaaf-maafan dan banyak hidangan lezat, hari raya Idul Adha justru berkaitan erat dengan kurban dan perayaan ibadah haji.

Sebutan Lebaran Haji saat hari raya Idul Adha tiba tentunya sudah tidak asing didengar. Karena sejak tanggal 9 Dzulhijah, seluruh umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah Haji sedang memasuki dan melaksanakan tahapan paling utama, yakni wukuf di Padang Arafah.

Baca Juga: Penetapan Idul Adha 2022 di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda, Masyarakat Harus Ikut Mana?

Menjalankan ibadah haji ke Baitullah merupakan dambaan setiap Muslim. Umat Islam di seluruh dunia berbondong-bondong menuju padang Arafah untuk menjalankan ibadah wukuf.

Wukuf merupakan rukun haji yang mengajarkan kepada semua umat Muslim untuk meninggalkan kegiatan yang dilakukan sejenak sehingga bisa melakukan perenungan. Wukuf menjadi inti dari ibadah haji.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temui Aoshima, Pulau Kucing di Jepang

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:50 WIB
X