Gernas BBI Pacu Pertumbuhan UMKM Papua

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:47 WIB
Diskusi virtual bertajuk Bangga Buatan Indonesia, Geliat UMKM Papua yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, Kamis 18 Agustus 2022. (Dok)
Diskusi virtual bertajuk Bangga Buatan Indonesia, Geliat UMKM Papua yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, Kamis 18 Agustus 2022. (Dok)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang akan digelar di Gedung Olahraga Cenderawasih, Papua pada 24 Agustus mendatang diharapkan memberi banyak manfaat terhadap pertumbuhan dan perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Papua.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua, Juli Budi Winantya dalam diskusi virtual bertajuk Bangga Buatan Indonesia, Geliat UMKM Papua yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, Kamis 18 Agustus 2022.


“Kami berharap agar manfaat dari gelaran Gernas BBI yang digelar di bulan baik ini (bulan kemerdekaan) tidak hanya saat ini saja tetapi terus menerus konsisten memberikan manfaat bagi pertumbuhan UMKM di Papua,”ungkap Juli Budi.

Baca Juga: Meski Menang Lawan Persik Kediri, Sergio Nilai PSIS Semarang Hilang Fokus di Babak Kedua
Ia mengakui dari sejumlah kegiatan Gernas BBI yang diikutinya memberi banyak manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM. “Seperti yang kita ikuti di Sulawesi ada bisnis matching, lalu peningkatan ekspor, penjualan terlihat meningkat.

“Harapannya itu terjadi juga di Papua nanti, karena kita lihat ini bagus dan dampaknya akan berkelanjutan,”ungkapnya menambahkan.

Juli Budi menjelaskan potensi yang dimiliki Papua itu sangat besar, misalnya kopi, yang merupakan komoditas unggulan di sana sudah mendunia, memiliki cita rasa tertentu karena ditanam 2000 meter di atas permukaan laut sehingga dinikmati oleh konsumen, selain itu ada juga kerajinan kerajianan lainnya, lalu ada potensi sektor perikanan.


Untuk mendukung tumbuh kembang UMKM, BI perwakilan Papua memiliki program Onboarding UMKM. Dalam program itu ada edukasi, fasilitasi dan motivasional. BI Papua memberi pelatihan dan pendampingan.


“Terkait literasi BI rutin setiap tahun mengadakan pelatihan, pendampingan, tahun ini ada sektar 50 UMKM yang kita undang, kita ajar mengenai teori, praktik lalu setelah itu ada proses pendampingan bagaimana mereka bisa dapatkan literasi digital untuk melakukan penjualan secara online,”ujarnya.

BI Papua juga rutin lakukan showcasing, UMKM binaan dibawa mengikuti pameran di Gernas BBI di Sulawesi kemarin, begitu juga di level nasional, dilakukan pembinaan termasuk kontribusi show casing.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkas Sudah Lengkap, Ferdy Sambo Cs Siap Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 16:19 WIB
X