Jangan Lupakan! Ini Alat Masak Tradisional yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 00:32 WIB
Tungku api tradisional ini mungkin belum banyak gen z yang tahu (Wikipedia )
Tungku api tradisional ini mungkin belum banyak gen z yang tahu (Wikipedia )

AYOSEMARANG.COM – Alat masak tradisional ini mulai tersingkir dengan alat-alat modern jaman sekarang.

Alat masak tradisional Indonesia sangat banyak tersebar di seluruh Indonesia. Dimulai dari yang berbahan batu, tanah, hingga berbagai macam kayu. Perkembangan zaman yang terus berkembang ke arah modern cepat atau lambat mulai menggeser pola kehidupan manusia.

Kalian semua pasti tau pecel. Ya, pecel yang dulu biasanya disajikan dengan alas daun pisang. Apakah di daerahmu masih pakai daun pisang atau sudah pakai plastik nih? Tak bisa di elak lagi, penggunaan daun mulai tersingkirkan di era sekarang ini.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Religi Versi Semarang, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Sama halnya dengan penggunaan alat masak sekarang. Nah ini salah satu contoh alat masak tradisional yang mulai tersingkir tapi ternyata masih cukup eksis yaitu tungku api.

Alat masak satu ini kira-kira kalian udah pernah liat belum ini? Tungku api atau di Jawa Tengah sering disebut luweng ini adalah kompor tradisional jaman dulu yang selalu digunakan untuk memasak.

Namun jangan salah, ternyata sampai sekarang tungku api ini masih terkadang digunakan terutama oleh restoran masakan yang masih mempertahankan rasa keotentikan masakan yang dihasilkan dari proses memasak dengan alat ini.

Baca Juga: Mudah Banget! Cegah Hama Tanaman Pakai 2 Pestisida Alami dari Bahan Sekitar!

Tungku Api ini bisa terbuat dari tanah liat ataupun batu. Selain restoran masakan, masyarakat pedesaan terutama masih cukup banyak yang menggunakan alat masak ini sebagai kompor rumah tangga mereka.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X