Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Islam Terbesar Ketiga di Dunia, Punya Segudang Keunikan!

- Rabu, 2 November 2022 | 18:28 WIB
Mar'asyi Najafi, perpustakaan Islam terbesar ketiga di dunia ini  (Istimewa )
Mar'asyi Najafi, perpustakaan Islam terbesar ketiga di dunia ini (Istimewa )

AYOSEMARANG.COM -- Sebuah tempat istimewa terkadang memiliki cerita unik di baliknya, tak terkecuali perpustakaan terbesar ketiga di dunia yang akan diulas pada artikel kali ini.

Tempat koleksi buku yang megah nan istimewa ini bernama perpustakaan Mar'asyi Najafi. Nama ini diambil dari nama pendirinya, yakni Ayatullah Shihabuddin Mar'asyi Najafi.

Perpustakaan Islam terbesar ketiga di dunia ini terletak di negeri Persia Iran, tepatnya di Kota Qom. Lokasinya pun tidak jauh dari Haram Sayyidah Fathimah Maksumah, wanita mulia keturunan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: 3 Wisata Arum Jeram di Semarang dan Sekitarnya, Cocok untuk Menggugah Adrenalin!

Perpustakaan ini selain istimewa karena dinobatkan menjadi perpustakaan Islam terbesar ketiga di dunia, juga memiliki keistimewaan lain karena keberlimpahan buku kunonya hingga sejarah berdirinya yang unik.

Terkenal dengan koleksi bukunya yang lengkap dan berlimpah, perpustakaan ini menyediakan buku-buku mulai dari buku tulisan tangan terbitan paling kuno sekitar 1000 tahun lalu hingga buku-buku yang dicetak secara modern. Koleksinya pun lebih dari 68 ribu judul buku.

Sejarah uniknya yakni ada pada pengumpulan buku itu sendiri, di mana puluhan ribu buku itu dikumpulkan sendiri oleh pendirinya, yang tak lain adalah Ayatullah Mar'asyi An Najafi.

Ayatullah Mar'asyi adalah seorang ulama yang amat mencintai buku. Kehidupan ekonomi ulama ini berkekurangan, tetapi karena kecintaannya terhadap buku, sang ulama berusaha memperoleh banyak buku dengan cara apa saja asalkan halal.

Baca Juga: Ivonne Inawade Pernah Main di Ikatan Cinta, Ini Peran dari Sosok yang Diisukan Jadi Istri Pertama Rizky Billar

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X