Tips Memaksimalkan Uang Belanja Rp50.000 per Hari

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:57 WIB
ilustrasi masak sendiri untuk menghemat pengeluaran bulanan (youtube/@galerirasachannel)
ilustrasi masak sendiri untuk menghemat pengeluaran bulanan (youtube/@galerirasachannel)

AYOSEMARANG.COM - Ibu rumah tangga selalu memperhatikan harga kebutuhan sehari-hari. Harga minyak goreng dan cabai sering naik dan jarang turun. Jika proporsi uang saku stabil kenaikkan dan penurunan harga bukan masalah.

Namun, harga yang tidak stabil dan kondisi ekonomi yang pas-pasan membuat ibu rumah tangga lebih pintar mengatur uangnya. Gunakan uang Anda secara efektif dan terarah. Manajemen yang tepat dapat memaksimalkan kas yang tersedia. Sisa uang dapat disimpan, diinvestasikan, atau dimasukkan kembali ke dalam bisnis.

Misalnya Anda memiliki jatah belanja Rp1,5 juta dalam sebulan. Artinya, bila dibagi rata, Anda mendapatkan Rp50 ribu per hari untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Jadi bagaimana Anda bisa memaksimalkan uang Anda?

Baca Juga: Kabar Gembira untuk Agus di Bulan Agustus

1. Sesuaikan menu masakan harian Anda

Dengan keterbatasan dana tersebut, mereka harus berbelanja di pasar tradisional untuk mendapatkan harga pangan yang lebih murah, dan hanya bisa membeli bahan-bahan pokok. Jangan menghabiskan seluruh jatah Anda untuk berbelanja bahan makanan. Ini adalah bahan sederhana yang tersedia di pasar tradisional.

Jangan lupa siapkan uang ekstra untuk membelinya saat kehabisan minyak, bumbu dan bensin. Dengan harga Rp10 ribu per ons, Anda bisa mengganti ikan asin dengan tahu atau tempe. Misalnya, Anda dapat membeli ayam atau cumi-cumi.

2. Berbelanja di pasar tradisional dan pedagang sayur

Untuk harga termurah, sebaiknya berbelanja di pasar tradisional dan pedagang sayur.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X