dr Ema Surya Pertiwi Ungkap Macam-macam Pil KB Lengkap Manfaat dan Efek Sampingnya

- Sabtu, 24 September 2022 | 15:37 WIB
Dokter Ema Surya Pertiwi Ungkap Macam-macam Pil KB Lengkap Manfaat dan Efek Sampingnya (Tangkapan layar Youtube.com/Emasuperr)
Dokter Ema Surya Pertiwi Ungkap Macam-macam Pil KB Lengkap Manfaat dan Efek Sampingnya (Tangkapan layar Youtube.com/Emasuperr)
 
AYOSEMARANG.COM -- Pil KB merupakan obat yang digunakan untuk mencegah kehamilan
 
Alat kontrasepsi hormonal ini perlu dikonsumsi secara rutin di waktu yang sama pada setiap harinya. 
 
Pil KB sendiri itu dibagi menjadi 2, yaitu pil pertama, terdapat pil KB mini yang di dalamnya hanya mengandung hormon progesteron saja. 
 
 
Kedua, adalah pil KB kombinasi. Pil KB ini mengandung hormon estrogen dan progesteron.
 
Dikutip Ayosemarang.com dari YouTube Emasuperr, dr Ema Surya Pertiwi menjelaskan lebih lanjut mengenai manfaat dan efek samping yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi pil KB mini dan pil KB kombinasi sebagai alat kontrasepsi.
 
1. Pil KB mini 
 
Pil KB ini hanya mengandung progresteron saja. Ini berfungsi untuk mengentalkan lendir serviks. Sehingga mencegah sperma masuk ke dalam rahim dan bertemu dengan sel telur.
 
Biasanya ini juga bisa menghentikan ovarium untuk melepaskan telur, sehingga Anda tidak mengalami masa subur.
 
Efek samping dar pil KB progesteron ini biasnya muncul bercak-bercak perdarahan saat menstruasi, penambahan berat badan.
 
Dokter Ema Surya Pertiwi juga menambahkan efek lainya, yakni payudara terasa sakit, sakit kepala, mual, bahkan terkadang bisa mengalami tekanan darah tinggi, dan munculnya jerawat.
 
 
2. Pil KB Kombinasi
 
Pil KB kombinasi ini mengandung hormon estrogen dan progesteron. Sebenarnya pil KB ini hampir sama dengan sebelumnya.
 
Adanya kandungan estrogen membuat kulit menjadi lebih cantik. Jadi bisa mengurangi munculnya jerawat akibat hormon yang tidak seimbang.
 
Namun, penggunaan pil KB kombinasi ini memiliki efek samping seperti, sakit kepala, sakit perut, nyeri pada payudara, dan bahkan dapat membuat wanita mengalami perubahan suasana hati. 
 
"Resiko yang jarang terjadi akibat adanya hormon estrogen itu bisa menyebabkan pembekuan darah pada wanita usai 35 tahun ke atas," jelasnya.
 
Oleh karenanya, wanita yang mengidap darah tinggi ataupun adanya resiko pembekuan darah dan stroke. Maka tidak disarankan untuk menggunakan pil kombinasi yang mengandung hormon estrogen ini.
 
Menurutnya jika mengkonsumsi pil KB harus diminum di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini untuk menghindari kegagalan dalam penggunaan pil KB.
 
"Kalau Anda minumnya setiap bangun tidur, maka penggunaan pil KB harus diminum setiap pagi juga," ucapnya.
 
 
Dokter Ema menjelaskan keberhasilan pil KB dapat mencapai kurang lebih 85℅-87℅. Biasanya kegagalan terjadi jika Anda lupa minim pil KB secara rutin.
 
Ternyata pil KB memiliki efek positif dalam tubuh wanita. Salah satunya dapat membantu wanita untuk menstabilkan hormon menstruasi, sehingga wanita mengetahui masa suburnya.
 
Umumnya, pil KB diminum 21 hari, kemudian berhenti selama 7 hari tanpa minum pil.
 
Hal itu biasanya akan muncul siklus menstruasi yang normal karena adanya hormon estrogen dan progesteron dari pil kombinasi ini
 
Selanjutnya jika Anda tidak lagi mengkonsumsi pil KB ini, maka wanita bisa langsung mengalami masa subur.
 
Demikian lah perbedaan jenis pil KB mini dan pil KB Kombinasi serta manfaat dan efek sampingnya menurut dr Ema Surya Pertiwi. Semoga bermanfaat untuk pasutri ataupun wanita Ingin mencegah kehamilan.
 

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wajib Tahu Penyebab dan Cara Mengobati Gagal Ginjal

Senin, 28 November 2022 | 05:25 WIB
X