Tim Pengabdian FMIPA UNNES Beri Pelatihan STEM Education Berbantuan Media Wordwall

- Kamis, 19 Mei 2022 | 18:21 WIB
Tim Pengabdiaan FMIPA Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan pelatihan STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) Education berbantuan media Wordwall.   (istimewa)
Tim Pengabdiaan FMIPA Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan pelatihan STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) Education berbantuan media Wordwall.  (istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Tim Pengabdiaan FMIPA Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan pelatihan STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) Education berbantuan media Wordwall.  Kegiatan pelatihan yang berjudul ''Pelatihan STEM Education berbantuan Wordwall pada Kelompok Guru SMP Negeri 3 Semarang” digelar di Aula Pertemuan SMP Negeri 3 Semarang, Rabu 18 Mei 2022.  


Tim ini terdiri dari empat orang dosen yaitu Muhamad Taufiq MPd, Erna Noor Savitri MPd, Risa Dwita Hardianti MPd dan Stephani Diah Pamelasari MHum dari Prodi Pendidikan IPA Jurusan IPA Terpadu.
Pengabdian ini juga melibatkan mahasiswa yang sedang mengikuti Program UNNES LANTIP di SMP Negeri 3 Semarang yaitu Retno Wulandari, Elvia Febriani, Wahyu Nur Annisa, Mareta Puspa Ratri, dan M Himmatul Fuad.

Baca Juga: Prospek Cuaca Ekstrem di Jateng Periode 19-21 Mei 2022, Berikut Sebarannya
Dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 3 Semarang Erwan Rachmat MPd menyampaikan tema pengabdian ini sangat menarik karena penerapan pendekatan STEM masih hangat untuk dibahas bersama, apalagi dibantu dengan media interaktif akan lebih meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 
''Guru mesti bisa beradaptasi dengan tuntutan pembelajaran abad 21, maka diperlukan berbagai alternatif inovasi dalam memanfaatkan berbagai media pembelajaran interaktif berbasis IT. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan terkoordinasi, tidak hanya berhenti sampai pelatihan dan pendampingan saja, tetapi berlanjut pada program yang dicangkan oleh sekolah diantaranya Praktisi Mengajar dan Alumni Mengajar” tegasnya.


Ketua Tim Pengabdian Muhammad Taufiq MPd menjelaskan peserta pelatihan STEM Educatio Berbantuan Wordwall ini sebanyak 41 peserta yang bersal dari guru di SMP Negeri 3 Semarang. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan berkolaborasi dengan Tim Unnes LANTIP Angkatan 1. 
Kegiatan ini menerapkan pola pelatihan dan dilanjutkan pendampingan serta penugasan. Peserta akan mendapat sertifikat yang setara dengan 32 JP, dengan syarat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, pendampingan, praktik atau implementasi dan menyelesaikan tugas-tugas yang disampaikan telah disampaikan.

"Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk membantu guru dalam merencanakan berbagai alternatif inovasi memanfaatkan berbagai media pembelajaran interaktif berbasis IT, khususnya pendekatan STEM berbantuan media Wordwall,'' jelasnya.

Peserta pelatihan STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) Education berbantuan media Wordwal oleh Tim Pengabdian FMIPA UNNES. (istimewa)

Narasumber dalam pelatihan ini diantaranya, Risa Dwita Hardianti MPd dengan materi Pembelajaran di Abad 21. Pada sesi ini dibahas paradigma baru pembelajaran di abad 21, penting membekali peserta didik dengan kemampuan 6 C yaitu: computational (komputasi), creative (kreatif), critical (kritis), collaboration (kolaborasi), communication (komunikasi), dan compassion (kasih sayang). Kegiatan pelatihan dipandu oleh Stephani Diah Pamelasari MHum.

Baca Juga: Cerita Horor Kembang Laruk Thread Twitter SimpleMan, hingga Kini Belum Tamat, Lebih Ngeri dari Sewu Dino?
Pada sesi kedua dibahas Pendekatan STEM dalam pembelajaran. Materi sesi kedua disampaikan oleh Erna Noor Savitri MPd. Sesi ini dijelaskan mengenai bagaimana megintegrasikan STEM dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan abad 21. Pada sesi ini juga dijelaskan salah satu karakteristik yang harus terlihat dalam STEM education adalah proses desain rekayasa atau Engineering Process Design (EDP).


Materi terakhir disampaikan oleh Muhamad Taufiq MPd yang membahas mengenai cara registrasi akun Wordwall dan latihan membuat berbagai aktivitas pembelajaran di Wordwall. “Aplikasi berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif dan menarik seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan sebagainya,” jelasnya.***

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X