Prospek Cuaca Ekstrem di Jateng Periode 19-21 Mei 2022, Berikut Sebarannya

- Kamis, 19 Mei 2022 | 17:39 WIB
Ilustrasi hujan lebat. Potensi cuaca ekstrem Jawa Tengah (Pixabay)
Ilustrasi hujan lebat. Potensi cuaca ekstrem Jawa Tengah (Pixabay)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Berikut ini ulasan mengenai prospek cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah.

Adapun informasi cuaca ekstrem Jawa Tengah tersebut berdasarkan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, BMKG Jateng.

Dalam keterangan tertulis yang didapat, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat sirkulasi siklonik di perairan Barat Kalimantan Barat yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Jawa Tengah - Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Maluku dan di Papua.

Baca Juga: 5 Pernyataan NCTZEN di Safa Space yang Viral di Media Sosial

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Labilitas Lokal Kuat juga mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Jawa Tengah.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG Jateng memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 19-21 Mei 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Batang Temukan 2 Kasus Covid-19 Baru

Jumat, 1 Juli 2022 | 14:31 WIB
X