Gelaran AFEST 2022 Dibuka, FEB Unisma Canangkan Peran Akuntan di Era 5.0

- Jumat, 30 September 2022 | 11:08 WIB
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Nur Diana saat membuka AFEST 2022. (dok Unisma)
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Nur Diana saat membuka AFEST 2022. (dok Unisma)


MALANG, AYOSEMARANG.COM - Accounting Festival 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam malang resmi dibuka Dekan, belum lama ini. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (Himaprodi AK) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang ( FEB UNISMA).

AFEST 2022 kali ini mengusung tema "Create Yor Masterpiece to Be Great Generation With Accounting Festival 2022". Dalam Kegiatan ini terdapat beberapa fitur Festival akuntansi di antaranya Call for Paper 2022 dengan tema " Akselerasi Digitalisasi Ekonomi melalui Edukasi Penerapan Ekonomi Digital untuk Menghadapi Era Society 5.0".

Dalam Call for Paper ini ditujukan bagi peserta mahasiswa seluruh Indonesia yang terbagi dalam subtema Peran Ekonomi Digital,Peran Pendidikan dalam Ekonomi Digital, Perkembangan di Era ekonomi digital dan Potensi SDM dalam Era Ekonomi Digital.

Sedangkan Fitur kegiatan lainya adalah Cerdas Cermat Akuntansi tingkat SMA, SMK dan MA se indonesia, Accounting Got Talent dan a Seminar Nasional Akuntansi yang menjadi puncak dari rangkaian kegiatan Accounting Festival 2022.

Baca Juga: Beasiswa Calon Guru tahun 2022 dari Yasbin, Cek Syarat dan Nama Kampusnya untuk Informasi Lebih Lanjut

Accounting Festival 2021 dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Nur Diana SE, MSi. Dekan memberikan apresiasi kepada Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi FEB UNISMA yang semakin kreatif dan peduli dalam upaya untuk merespon perkembangan bisnis di era transformasi digital dimana ilmu akuntansi berkembang pesat dan dituntut untuk terus bisa beradaptasi.

''Di satu sisi perusahaan harus adaptif dalam merespon segala perubahan yang ada. Salah satunya adalah merespon perubahan society, termasuk kebiasaan konsumen, yang mulai beralih ke transaksi digital.''

“Peran akuntan punya andil besar dalam penyusunan strategic response. Akuntan yang memahami perkembangan teknologi akan tahu apa perkembangan teknologi terkini dan membantu perusahaan membangun strategic response. Akuntan bisa menggunakan Big Data, Data Analytics untuk membangun organisasi lebih Agile. Akuntan juga berperan dalam membantu organisasi memanfaatkan teknologi terbaru,” imbuh Diana.
Menurut dia, ini merupakan tema yang sangat menarik untuk dikaji dalam sebuah karya ilmiah yang nantinya bisa memberikan wawasan dan solusi bagaimana peran dan tantangan akuntan di era 5.0.

Baca Juga: Simpel Banget! Begini Cara Tanam Lidah Mertua, Lengkap dengan Cara Perawatan untuk Pemula

Diana mengungkapkan bahwa ajang AFEST 2022 juga menjembatani upaya Himaprodi Akuntansi FEB UNISMA untuk meningkatkan knowledge, skill dan attitude para siswa yang akan mempersiapkan diri memasuki dunia akademik di perguruan tinggi.
Dengan demikian, kemampuan akuntansi menjadi penting dan perlu dipersiapkan sejak di sekolah menengah.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Terkini

Pengguna Gadget Sering Abai Soal Keamanan Data Pribadi

Senin, 21 November 2022 | 13:33 WIB

Buku Eduplay, Asyik dan Mudah Dipahami Anak-anak

Sabtu, 19 November 2022 | 17:37 WIB
X