Alasan Memilih Semarang untuk Memulai Bisnis

- Minggu, 26 Juni 2022 | 07:44 WIB
BINUS @Semarang  (istimewa Binus)
BINUS @Semarang (istimewa Binus)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Menjadi seorang pebisnis haruslah memiliki kemampuan membaca peluang. Kamu juga harus bisa merancang rencana bisnis, melakukan analisis, dan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis usaha.

Menariknya, tak hanya Kota Jakarta yang menawarkan peluang untuk meraup pundi-pundi rupiah melalui dunia bisnis. Bisnis di Semarang juga tak kalah potensial. Dibandingkan kota besar lainnya, jumlah investor dan pebisnis di Semarang masih tergolong rendah. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dan memulai bisnismu di ibu kota provinsi Jawa Tengah ini.

Sederet Alasan Memulai Bisnis di Semarang
Kalau kamu masih ragu, berikut sederet alasan memilih Kota Semarang untuk berbisnis.

Akses Mudah
Sejak zaman pendudukan Belanda, Semarang sudah menjadi wilayah penting. Semarang mempunyai jalur distribusi memadai yang menghubungkan kota besar maupun kecil melalui jalur darat, udara, dan laut. Kamu bisa menjangkau Semarang menggunakan jalan raya, jalur tol, jalur kereta api, atau bandar udara.

Akses lengkap ini memudahkan kamu menjangkau pasar terpencil. Lantaran mempunyai akses langsung ke Laut Jawa, Semarang memudahkan proses distribusi barang ke pasar internasional. Tak hanya itu saja, adanya akses lengkap juga akan membuat kamu lebih mudah melakukan proses pengadaan barang. Kemudahan akses ini bisa kamu manfaatkan untuk meraih peluang potensial.

Baca Juga: Pelancong Wajib Coba, Ini 5 Tahu Gimbal Khas Semarang yang Rugi Kalau Enggak Dicicipi

Lokasi Istimewa
Terletak di pantai utara, lokasi Semarang sangat strategis. Selain dekat dengan sejumlah kota penting, Semarang juga diapit pasar domestik terbesar, yakni Jakarta dan Surabaya.

Semarang dikenal sebagai provinsi yang memiliki tanah subur. Produk pertanian andalannya adalah padi basah. Lantaran menghasilkan nasi berkualitas tinggi, cukup banyak pebisnis yang membuka usaha kuliner. Mulai dari warung nasi, kafe, hingga restoran.

Tak hanya diberkahi alam dengan pemandangan rupawan, Semarang juga dikelilingi oleh kawasan industri. Salah satunya adalah Kawasan Industri Kendal. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk memulai bisnis baru di bidang industri tekstil, kimia, perdagangan, perhotelan, dan F&B (Food and Beverages).

Peluang SDM Besar

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Capaian Pembayaran PBB di Kendal Baru 21,92 Persen

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:05 WIB

Cegah Radikalisme, ini Pesan Dandim dan Bupati Kendal

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:50 WIB
X