Bertemu Dubes Uni Eropa, Ganjar Pranowo Ajak Investasi di Jateng

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:51 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat bertemu Dubes Uni Eropa di Hotel Gumaya, Selasa 4 Oktober 2022. (Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat bertemu Dubes Uni Eropa di Hotel Gumaya, Selasa 4 Oktober 2022. (Pemprov Jateng)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengundang perusahaan-perusahaan dari negara anggota Uni Eropa untuk berinvestasi di Jawa Tengah, khususnya untuk industri high technology.

Sejauh ini Ganjar Pranowo mengungkapkan, investasi dari negara-negara Uni Eropa di Jawa Tengah masih kalah dengan negara-negara non-Uni Eropa.

Dari data yang diterima Ganjar Pranowo, realisasi investasi di Jawa Tengah pada semester I 2022 menyebutkan investasi dari negara-negara Uni Eropa baru sebesar 4,9 juta US Dollar.

Baca Juga: Sempat Transit di Semarang, BNN Jateng Tangkap Jaringan Narkoba Malaysia-Madura

Jerman sejauh ini menjadi negara tertinggi yang berinvestasi di Jawa Tengah dengan total 1,4 juta US Dollar disusul Belgia dengan 1,2 juta US Dollar.

"Tadi saya tampilkan bahwa (investasi) Uni Eropa belum banyak, yang tertinggi Jerman. Mudah-mudahan nanti anggota Uni Eropa lain bisa datang untuk masuk ke Jawa Tengah," kata Ganjar usai menghadiri acara Uni Eropa-Central Java Trade and Investment Dialogue di Hotel Gumaya, Kota Semarang, Selasa 4 Oktober 2022.

Ganjar menjelaskan potensi kerja sama dalam dunia perdagangan dan investasi antara Indonesia, khususnya Jawa Tengah, dengan Uni Eropa sangat besar.

Persoalan yang dihadapi oleh negara-negara Uni Eropa juga sama dengan negara lain di dunia termasuk Indonesia.

Pertama, tentu masalah energi, dalam hal ini gas. Kedua, masalah pangan.

Halaman:

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X