Kepesertaan KB Pasangan Usia Subur Masih Rendah di Kendal

- Rabu, 1 Februari 2023 | 18:59 WIB
Petugas lapangan berkordinasi sebelum melaksanakan kegaitan sosialisasi kepada masyarakat. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Petugas lapangan berkordinasi sebelum melaksanakan kegaitan sosialisasi kepada masyarakat. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM - Pasangan usia subur (PUS) di Kabupaten Kendal yang sudah menjadi peserta aktif keluarga berencana (KB) tergolong masih rendah.

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kendal mencatat jumlah peserta KB aktif hanya 110.414 PUS atau 66,19 persen dari jumlah total PUS yang sebanyak 166.819 PUS per Desember 2022.

Kepala DP2KBP2PA Kendal, Albertus Hendri Setiawan mengatakan upaya untuk menjaring peserta KB terus digencarkan dengan penyuluhan KB oleh petugas balai yang tersebar di seluruh kecamatan di Kendal.

Baca Juga: Ini Harapan Pedagang dan Warga Soal RTH Alun-alun Kaliwungu

“Saat ini jumlah balai penyuluh KB di Kabupaten Kendal ada 37 kantor berada di 18 kecamatan. Saat ini tercatat sekitar 17,44 PUS unmet need atau kebutuhan KB yang belum terpenuhi,” jelasnya saat ditemui pada Rabu 1 Februari 2023.

Untuk itu pihaknya terus menggalakkan safari KB hingga melakukan jemput bola ke masyarakat.

Sementara Koordinator Petugas Lapangan KB Kecamatan Kendal, Astuti Puji Lestari mengatakan upaya yang dilakukan untuk menjaring peserta KB bagi pasangan usia subur.

“Kita melakukan pendekatan dengan tokoh formal dari instansi terkait dan tokoh informal yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan safari KB maupun jemput bola ke pasangan usia subur yang belum menjadi peserta KB aktif,” ujarnya.

Kepesertaan KB aktif yang diharapkan adalah dengan metode kontrasepsi jangka panjang seperti IUD, implan, MOW dan MOP.

MOW atau metode operasi wanita biasa disebut tubektomi, sedangkan MOP atau metode operasi pria biasa disebut vasektomi.

Editor: Ica Agustin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DBHCHT Kendal Tahun 2023 Capai Rp27 Miliar

Minggu, 28 Mei 2023 | 15:14 WIB

Ini Juara Turnamen Basket Dandim 0715 Cup 2023

Sabtu, 27 Mei 2023 | 21:29 WIB
X