Minim Anggaran Pemeliharaan, Kondisi Truk Pengangkut Sampah DLH Batang Memprihatinkan

- Jumat, 4 Maret 2022 | 11:43 WIB
Kondisi truk pengangkut sampah terparkir di TPA Randukuning DLH Batang yang sudah tidak bisa beroperasi.  (Muslihun/kontributor Batang)
Kondisi truk pengangkut sampah terparkir di TPA Randukuning DLH Batang yang sudah tidak bisa beroperasi. (Muslihun/kontributor Batang)

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Armada pengangkut sampah milik Dinas Lingkungam Hidup atau DLH Batang kondisi sangat memprihatinkan karena minimnya anggaran pemeliharaan.

Sejumlah truk pengangkut sampah DLH Batang pun dipaksa untuk tetap beroperasi dalam kondisi tidak layak jalan.

"Anggaran perbaikan untuk armada hanya Rp100 juta. Jumlah armada kami ada 30. Terdiri atas truk sampah, viar, armrol, elsapek. Sangat jauh dari cukup," kata Kepala DLH Batang, Handy Hakim saat ditemui di kantornya, Jumat 4 Maret 2022.

Baca Juga: Hilang Kesabaran, Disdikbud Batang Putuskan Sepihak Rehabilitasi Sekolah

Ia mencontohkan harga satu ban truk antara Rp1,6 juta hingga Rp1,8 juta. Sementara armadanya saat ini banyak beroperasi dengan ban yang sudah tipis.

Menurutnya, kebutuhan armada tidak hanya ban saja, tapi juga servis hingga perbaikan mesin. Misalnya, tidak sedikit chasis truk yang rusak. Bahkan beberapa armada juga sudah tidak bisa beroperasi dan hanya terparkir di TPA Randukuning.

Di sisi lain, pihaknya juga kekurangan armada alat berat untuk mengeruk sampah. Saat ini, dari dua alat berat, yang berfungsi hanya satu.

Baca Juga: PTM 100 Persen Terbatas di Batang, Siswa Diklaim Lebih Sportif Mengerjakan Soal

"Yang satu rusak terbakar, dan biaya perbaikannya jelas besar. Untuk yang satunya juga sering rusak," ucapnya.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X