BPOM Semarang Temukan Makanan Kerupuk Mengandung Bahan Kimia Berbahaya di Batang

- Rabu, 6 Juli 2022 | 16:56 WIB
Kepala BPOM Semarang Sandra M. P Linthin saat sosialisasi keamanan pangan krupuk usek dan krupuk mi di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Rabu 6 Juli 2022. (Istimewa )
Kepala BPOM Semarang Sandra M. P Linthin saat sosialisasi keamanan pangan krupuk usek dan krupuk mi di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Rabu 6 Juli 2022. (Istimewa )

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang temukan makanan kerupuk usek dan kerupuk mi di Batang yang mengandung bahan kimia berbahaya

Bahan kimia berbahaya yang digunakan, yakni Auramin dan Rhodamin B atau zat warna untuk tektil, kertas, plastik dan cat. 

Hal itu disampaikan, Kepala BPOM Semarang Sandra M P Linthin saat sosialisasi keamanan pangan kerupuk usek dan kerupuk mi di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Rabu 6 Juli 2022. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Toko Boneka Banyak Pilihan di Semarang, Harga Enggak Mahal

"12 sampel kerupuk usek dan kerupuk mi yang kita uji hasilnya 7 positif menggunakan Auramin dan 8 menggunakan Rhodamin B. Hasil itu kita uji pada 2021. Sedangkan 2022 kita sampling kembali, dari 14 hasilnya 12 postif gunakan Auramin.  Untuk 13 sempel uji Rhodamin B hasilnya 12 positif," ungkap Sandra. 

Dari hasil itu, kata dia, harus ada pembinaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pengawasan aktif oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Tidak hanya itu, sosialisasi harus dilakukan secara intens agar ada jaminan kesehatan bagi konsumen.

Baca Juga: Mafindo dan Kominfo Magelang Beri Pelatihan bagi Warga Lansia untuk Perangi Hoaks 

“Pengawasan keamanan pangan berbahaya harus ada sinergi antar OPD terkait, yakni Disperindagkop, Satpol PP, Diskominfo, Dinas Kesehatan, Dispaperta dan Disdikbud Kabupaten Batang,” ungkap Sandar. 

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adakah Perbedaan Antara Solo dan Surakarta?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:22 WIB
X