Intip 20 Keistimewaan Bulan Muharram dalam Islam

- Minggu, 31 Juli 2022 | 13:05 WIB
Keistimewaan Bulan Muharram  (Pixabay)
Keistimewaan Bulan Muharram (Pixabay)

AYOSEMARANG.COM -- Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Pada awal bulan Muharram, banyak kegiatan yang dilakukan seperti penyambutan tahun baru Hijriyah, kegiatan keagamaan seperti tablig akbar, dan lain sebagainya.

Lalu apa saja sih sebenarnya keistimewaan bulan Muharram itu? Ada banyak sekali keistimewaan yang terdapat di bulan ini, untuk lebih jelasnya simak artikel ini.

Pertama, bulan Muharram termasuk ke dalam 4 bulan haram dalam Islam. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

Baca Juga: Tidak Bisa Ditiru Umatnya, Ini Dia 5 Keistimewaan Nabi Muhammad SAW

Bulan haram yang dimaksud adalah bulan yang disucikan bagi kaum muslimin. Bukan haram seperti haramnya daging babi dan khamr atau minuman keras.

Empat bulan suci yang dimaksud di dalam Al-Qur'an adalah Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Al Qodhi Abu Ya’la rahimahullah mengatakan, ”Dinamakan bulan haram karena dua makna.

Pertama, pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini yang demikian.

Kedua, pada bulan tersebut terdapat larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan tersebut. Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan.”

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabar Gembira untuk Agus di Bulan Agustus

Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:27 WIB

5 Penyebab Kuota Internet Menjadi Cepat Habis

Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:00 WIB
X