Jamaah Haji Asal Batang Mendarat, Wajib Test Swab Antigen

- Senin, 8 Agustus 2022 | 11:43 WIB
Setelah menjalani ibadah di Tanah Suci, akhirnya jamaah haji kloter 33 yang terdiri dari Kabupaten Batang 145 orang dan Kabupaten Pekalongan 215 orang  dapat kembali ke Tanah Air. (Muslihun/Ayobatang.com)
Setelah menjalani ibadah di Tanah Suci, akhirnya jamaah haji kloter 33 yang terdiri dari Kabupaten Batang 145 orang dan Kabupaten Pekalongan 215 orang dapat kembali ke Tanah Air. (Muslihun/Ayobatang.com)


BATANG, AYOSEMARANG. COM-Setelah menjalani ibadah di Tanah Suci, akhirnya jamaah haji kloter 33 yang terdiri dari Kabupaten Batang 145 orang dan Kabupaten Pekalongan 215 orang dapat kembali ke Tanah Air. Sejumlah prosedur tetap harus dijalani sesampainya di Debarkasi Donohudan, yakni wajib menjalani tes swab antigen di Gedung Jeddah.


Kepala Kantor Kemenag Batang M. Aqsho menyampaikan, seluruh jamaah haji telah tiba di Tanah Air dengan selamat dan dinyatakan negatif Covid-19.
“Alhamdulillah hari ini seluruh jamaah haji bisa langsung pulang ke rumah masing-masing dan bertemu keluarganya,” katanya, usai mengikuti Upacara Serah Terima Jamaah Haji dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi kepada PPIH Daerah, di Gedung Muzdalifah, Senin 8 Agustus 2022.

Ia mengatakan, jamaah haji harus menjaga kemabrurannya sampai akhir hayat, karena kewajiban haji hanya sekali seumur hidup.

Baca Juga: Nikmat Disantap Malam Hari, Ini 6 Rekomendasi Sate Ayam Enak di Semarang
“Nantinya agar aktif dalam kegiatan keagamaan di lingkungan sekitarnya. Diharapkan juga agar bergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), untuk membangun komunikasi dan silaturahmi yang baik,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto menerangkan, meskipun seluruh jamaah haji kloter 33 negatif Covid-19, namun petugas kesehatan tetap bersiaga.

“Hari ini kami menyiagakan 5 ambulans, alhamdulillah tidak dipakai karena semua negatif Covid-19,” ungkapnya.

Ia menambahkan, petugas kesehatan tetap bersiaga karena Senin 8 Agustus 2022, masih ada kloter 34 yang akan kembali ke Tanah Air.
“Kami tetap mengantisipasi tempat isolasi terpusat di GOR Sarengat dengan menyiapkan 24 kamar,” terangnya.

Koordinator Embarkasi Donohudan, Sarip Sahrul Samsudin mengatakan, hingga kini sudah 33 kloter yang dikembalikan ke daerah masing-masing di seluruh Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Lumpia Khas Kota Semarang, Pelancong Wajib Coba

“Sampai sekarang sudah ada 11.830 orang yang kembali ke Tanah Air dengan selamat. Sedangkan jamaah haji Jawa Tengah yang masih berada di Arab Saudi sebanyak 3.601 orang,” ujar dia.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Era Digitalisasi, Sikap Kebangsaan Rentan Luntur

Kamis, 22 September 2022 | 10:26 WIB
X