Punya Nilai Perjuangan, Pemkab Batang Gelar Perlombaan Tari Babalu, Batik Gringsing dan Sintren

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:44 WIB
Peserta lomba tari tradisinal Batang unjung kebolehan menarinya di hadaoan dewan juri. Foto : Muslihun kontributor Batang.
Peserta lomba tari tradisinal Batang unjung kebolehan menarinya di hadaoan dewan juri. Foto : Muslihun kontributor Batang.

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Tarian tradisonal Batang yakni Babalu dan Tari Batik Gringsing menjadi tarian yang di perlombakan untuk memerihakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia.

Ada 14 tim penari dari 14 kecamatan di Kabupaten Batang berunjuk kemampuan dalam lomba pagelaran tari tradisional khas setempat di pendopo kabupaten, Jumat 5 Agustus 2022.

“Seharusnya ada tiga jenis tarian yang harus diperagakan seperti tari Babalu, tari batik Gringsing, dan tari Sintren,” kata Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki usai membuka kegiatan tersebut.  

Ketiga jenis tarian itu, kata dia,  merupakan bagian dari sejarah Kabupaten Batang, salah satunya tari Babalu yang bercerita tentang perjuangan rakyat Batang di era Mataram melawan kolonialisasi Bangsa Eropa.

Baca Juga: Vivi Novika Blak-blakan Sebut Alfeandra Dewangga Jalani 2 Hubungan Sekaligus

Kemudian tari Batik Gringsing yang bercerita bagaimana leluhur rakyat Batang mengenalkan sebuah batik dengan motif khas perpaduan antara bunga Jlamprang dengan sisik ikan yang menggambarkan keadaan sosial masyarakat pada saat itu.

“Tari Sintren merupakan tarian khas masyarakat pesisiran di pantura mulai dari Cirebon hingga Batang dengan berbagai ciri lokalitas budaya warganya,” katanya.

Lani Dwi Rejeki yang asli putri daerah Batang mengatakan, banyak jenis tarian di wilayah Kabupaten Batang selamat dari kepunahan karena terus dilestarikan melalui berbagai even maupun pegiat seni.

“Melalui lomba ini  anak-anak,  remaja dan dewasa yang menjadi peserta lomba tari tersebut perlu mendapatkan apresiasi karena masih semangat menggeluti dunia tari yang banyak mendapat pengaruh besar dari tari atau budaya moderen dari luar,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Renungan Ulang Janji Pramuka di Lapas Kelas IIB Batang

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:25 WIB

Pemkab Batang Gelar Program Pemutihan Denda Pajak PBB

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:48 WIB
X