Komisi E DPRD Provinsi Jateng Siap Bantu Atasi Persoalan Rob di Batang

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:32 WIB
Penjabat Sekda Batang Ari Yudianto menyerahkan cendra mata kepada Sekretaris Komis E DPRD Provinsi Jateng Sri Ruwiyati didamping anggotanya. Foto: Muslihun kontributor Batang. 
Penjabat Sekda Batang Ari Yudianto menyerahkan cendra mata kepada Sekretaris Komis E DPRD Provinsi Jateng Sri Ruwiyati didamping anggotanya. Foto: Muslihun kontributor Batang. 

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Kondisi geografis wilayah pantai, daratan dan pegunungan di Kabupaten Batang berpotensi sekaligus rawan bencana seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor.

Beberapa minggu lalu pun masyarakat pesisir pantai dihadapi dengan bencana air rob yang masuk kepemukiman dan sawah pertanian.

Hal itu disampaikan Penjabat Sekda Batang Ari Yudianto saat menerima kunjungan anggota Komisi E  DPRD Jawa Tengah, Jumat 5 Agustus 2022. 

Baca Juga: Terbongkar! Vivi Novika Bagikan Foto Perempuan Diduga Selingkuhan Alfeandra Dewangga

Dengan kondisi Batang yang berpotensi sekaligus rawan bencana, Pj Sekda Batang pun berharap adanya dukungan budgeting dari anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. 

"Kita berharap dukungan DPRD Jateng untuk meminimalkan bencana rob yang kini terus meluas di Kecamatan Kota Batang. Hal itu akibat dampak pembangunan tanggul laut Pekalongan," kata Ari Yudianto. 

Ia pun menjelaskan, wilayah Kecamatan Batang dilalui beberapa sungai yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jateng seperti Sungai Sambong Gabus dan saluran irigasi yang jarang sekali tersentuh perbaikan. 

"Sungai itu jarang sekali tersentuh, kami mau masuk takut ada temuan. Kami juga sering usulkan di Musrenbang. Kondisi sungai, sedimentasi dan penyempitan berpotensi bencana banjir dan rob tiap tahunnya,"katanya. 

Tidak hanya itu, garis pantai di Batang sudah mundur 200 meter. Dulu pantai ada 200 meter sekarang sudah berbatasan dengan air laut. 

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Renungan Ulang Janji Pramuka di Lapas Kelas IIB Batang

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:25 WIB

Pemkab Batang Gelar Program Pemutihan Denda Pajak PBB

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:48 WIB
X