7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:05 WIB
Manfaat buah naga  (Pinterest)
Manfaat buah naga (Pinterest)

AYOSEMARANG.COM -- Buah naga merupakan salah satu buah yang menarik untuk dikonsumsi.

Selain bentuknya yang unik, buah naga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Buah naga mempunyai beberapa varian, ada yang berwarna putih dan ungu kemerahan.

Buah naga juga memiliki beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini 7 manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi buah naga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini karena adanya kandungan likopen, betalain, dan serat di dalam buah naga. Biji dalam buah naga juga kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung sehingga dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Sering Mengalami Ujian? Inilah Rahasia Allah di Baliknya

2. Mencegah anemia

Mengonsumsi buah naga merah secara rutin dapat membantu mencegah tubuh dari anemia. Hal ini karena adanya kandungan zat besi dalam buah naga. Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang penting dalam proses produksi sel darah merah. Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah menjadi terganggu dan tubuh berisiko tinggi mengalami anemia. Dengan mengonsumsi buah naga, menjadi salah satu cara memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

3. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat dalam buah naga bermanfaat untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Serat bermanfaat untuk menekan lonjakan gula yang terjadi setelah seseorang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah naga dapat membantu regenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan dalam hal ini.

Baca Juga: 3 Mitos atau Misteri Gunung Merapi yang Saat Ini Masih Dipercayai Masyarakat

4. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga bermanfaat untuk organ, otot, dan saraf di dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Buah naga merah merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi buah naga merah sebagai camilan sehat untuk mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan mengonsumsi buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya yang terkandung di dalam buah naga merah maupun putih. Antioksidan dalam tubuh dapat mencegah kerusakan sel yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Baca Juga: Ini Dia 7 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan

6. Menurunkan berat badan

Buah naga merah kaya akan serat dan rendah kalori sehingga buah naga cocok dikonsumsi saat menjalani program diet atau penurunan berat badan. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

7. Merangsang pembentukan kolagen

Kandungan vitamin C dalam buah naga merah juga dapat membantu tubuh memproduksi kolagen lebih banyak. Hal ini dapat menjaga kelenturan dan kesehatan kulit akan tetap terjaga dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Itulah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat. (Fatih Rahmawati / magang Ayosemarang).

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X