Ikan Lele Sangkuriang, Bahan Makanan Asli Indonesia yang Murah Meriah tapi Berkadar Protein Tinggi

- Jumat, 2 Desember 2022 | 22:18 WIB
Ikan Lele Sangkuriang, bahan makanan asli Indonesia yang murah meriah tetapi berkadar protein tinggi. (YouTube Nur Hilal)
Ikan Lele Sangkuriang, bahan makanan asli Indonesia yang murah meriah tetapi berkadar protein tinggi. (YouTube Nur Hilal)

AYOSEMARANG.COM -- Siapa yang tidak kenal lele sangkuriang, ikan asli Indonesia yang berharga murah tetapi mengandung protein yang tinggi.

Pertimbangan harga yang relatif murah sehingga terjangkau oleh daya beli masyarakat inilah yang akhirnya membuat pasaran lele maju pesat.

Pada tahun 1985 telah ditemukan lele unggulan yang diberi nama lele dumbo, dan sangkuriang ini merupakan hasil pengembangan dari ikan lele dumbo.

Baca Juga: Lengkap! Lirik Lagu dan Chord Gitar Cepmek alias Cepat Mencintai Kamu By Alif Cepmek

Berangkat dari ditemukannya lele unggulan yang bernama lele dumbo inilah, peneliti terus berinovasi agar terus dapat mengembangkan ikan lele sangkuriang.

Penamaan sangkuriang itu diambil dari sebuah legenda masyarakat Sunda, tentang kejadian gunung Tangkuban Perahu.

Sebuah legenda yang menceritakan perihal perkawinan sedarah, antara ibu yang bernama Dayang Sumbi dengan anaknya yang bernama Sangkuriang.

Alur cerita legenda tersebut yang diambil untuk nama lele sangkuriang, karena memang lele jenis ini merupakan hasil perkawinan sedarah.

Baca Juga: Cuma 1 Jutaan, 5 HP Murah Terbaik 2022 Ini Usung RAM 4GB dan Ada yang Dibekali Baterai 7.000 mAh

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Seting Kode Remote TV Universal

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:24 WIB
X