Sejarah Musik Indie yang Kembali Populer dan Semakin Digemari

- Rabu, 25 Januari 2023 | 22:49 WIB
Musik indie yang kembali populer hingga digemari oleh semua kalangan.
Musik indie yang kembali populer hingga digemari oleh semua kalangan.

AYOSEMARANG.COM - Musik merupakan hiburan yang sangat flexible karena bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Karena itu, tak heran jika musik sudah menjadi hiburan wajib bagi semua orang di dunia.

Untuk saat ini di Indonesia, banyak musisi yang memproduksi genre lagu yang smooth dengan irama pelan. Genre tersebut biasanya dinamakan musik indie.

Musik indie merupakan kepanjangan dari independent yaitu genre musik yang diproduksi secara mandiri oleh musisi itu sendiri.

Baca Juga: Grup Musik Panic! at the Disco Bubar! Brendon Urie Umumkan Lewat Instagram

Sejarah musik indie pertama kali dimulai pada tahun 70-an saat band asal Inggris, bernama Buzzcock merilis EP mereka.

Sebelumnya semua musik hanya dirilis oleh perusahaan atau sebuah label tertentu, namun Buzzcock bisa membuktikannya dengan hasil merekam dan mendistribusikan oleh mereka sendiri tanpa bantuan perusahaan besar. Oleh karena itu, mereka disebut independent atau indie.

Walaupun sejarah musik indie dimulai pada tahun 70-an dan 80-an, kejayaan musik indie ini baru bisa dicapai pada tahun 90-an.

Saat itu band-band yang bergenre musik indie tidak dikenal sebagai musik indie, melainkan musik alternatif.

Meskipun begitu, mereka telah membuktikan dengan mampu membuat dan mendistribusikan musik mereka sendiri sehingga termasuk ke dalam kategori indie.

Halaman:

Editor: Ica Agustin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X