Amankah Menggunakan KB Suntik? dr Ema Surya Pertiwi Ungkap Manfaat dan Efek Sampingnya

- Sabtu, 24 September 2022 | 16:38 WIB
Amankah Menggunakan KB Suntik? dr Ema Surya Pertiwi Ungkap Manfaat dan Efek Sampingnya (YouTube Emasuperr)
Amankah Menggunakan KB Suntik? dr Ema Surya Pertiwi Ungkap Manfaat dan Efek Sampingnya (YouTube Emasuperr)
 
AYOSEMARANG.COM -- KB suntik ini merupakan sebuah alat kontrasepsi dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. KB suntik ini adalah salah satu yang sering digunakan oleh wanita di Indonesia.
 
Namun sebelum Anda memutuskan untuk memilih alat kontrasepsi ini, sebaiknya ketahui manfaat dan efek samping yang ditimbulkan oleh KB suntik
 
Dilansir Ayosemarang.com dari kanal YouTube Emasuperr, dr Ema Surya Pertiwi menjelaskan terkait pencegahan kehamilan dengan menggunakan KB suntik pada wanita.
 
 
KB suntik biasanya dilakukan sekitar 1 sampai 3 bulan, di dalamnya terkandung hormon progresteron.
 
KB ini akan disuntik di bagian otot ataupun di bawah kulit. Berfungsi untuk mencegah ovarium melepaskan sel telur dan mengentalkan lendir pada serviks, sehingga mencegah sperma masuk ke dalam rahim 
 
"KB suntik ini lumayan efektif sekitar 94 sampai 95%, tapi karena yang disuntik adalah hormon progesteron, tetap ada efek sampingnya," kata Dokter Ema.
 
Hormon ini akan beredar pada tubuh dalam jangka waktu lama sekitar 3 bulan. Maka dari itu efek sampingnya berupa perubahan siklus haid atau telat menstruasi.
 
Tak hanya itu efek samping yang ditimbulkan adalah penambahan berat badan pada wanita, bisanya hal ini paling tidak disukai oleh kaum hawa.
 
 
"Akibat penambahan hormon progesteron ini akan meningkatkan resistensi cairan dan meningkatkan nafsu makan wanita, sehingga lebih gampang gemuk," lanjutnya.
 
Perubahan suasana hati juga dapat dialami oleh wanita yang melakukan KB suntik ini.
 
Jika digunakan dalam jangka panjang sekitar 5-10 tahun, KB suntik ini dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis.
 
Dokter Ema memiliki cara untuk mencegah hal itu terjadi. Saat menggunakan KB suntik, disarankan untuk rajin minum susu atau vitamin D, kalsium, dan zinc. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang.
 
Dikatakan dr Ema, ketika lepas dari suntik KB Anda bisa langsung mengalami kehamilan, tapi banyak wanita yang perlu waktu sekitar 3-18 bulan untuk hamil lagi.
 
"Itu adalah hal yang wajar, karena hormon progesteronnya baru rilis semua dari tubuh," 
 
Lanjutnya ia mengatakan sebaiknya jika wanita berencana hamil kembali setelah lepas KB, tidak disarankan untuk suntik KB. Sebab jika demikian akan kesulitan untuk mengukur jumlah progesteron dalam tubuh.
 
Demikian lah manfaat dan efek samping seputar KB suntik menurut dr Ema Surya Pertiwi. Semoga bermanfaat bagi wanita yang sedang mencegah kehamilan. 

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wajib Tahu Penyebab dan Cara Mengobati Gagal Ginjal

Senin, 28 November 2022 | 05:25 WIB
X