Lomba Justifikasi

- Kamis, 15 September 2022 | 07:46 WIB
Gunawan Witjaksana, Dosen Ilmu Komunikasi USM dan UDINUS Semarang. (dok)
Gunawan Witjaksana, Dosen Ilmu Komunikasi USM dan UDINUS Semarang. (dok)

Deras serta karut marutnya informasi melalui berbagai media, termasuk media sosial ( medsos), tak ayal membuat masyarakat makin bingung.


Hampir setiap ada peristiwa yang disampaikan melalui media selalu ditanggapi baik oleh elit, intelektual, atau pun para pesohor yang kadang mengatasnamakan kelompok atau pun organisasi tertentu, baik itu mahasiswa, buruh, atau pun yang lainnya.
Sebenarnya saling menyampaikan informasi hingga opini melalui media, di alam demokrasi itu bagus.

 

Sayangnya, kecenderungan saling melakukan pembenaran ( justifikasi), serta menyalahkan pihak lain, tampak makin menjadi- jadi. Itu pun kadang tanpa didukung data, selain hanya asumsi subyektif semata.


Sebagai salah satu contoh ketika pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi, disertai dengan data hasil kajian yang cukup lengkap, akurat dan logis pun, tetap saja ada yang menuduhnya sebagai info sesat.


Demikian pula dengan peristiwa lainnya , misalnya terkait kasus Brigadir J, yang makin hari masyarakat makin dibuat bingung, karena banyaknya opini di media, yang seolah masing- masing mengklaim kebenarannya.
Akhirnya masyarakatlah yang makin bingung oleh banyaknya issue liar terkait berbagai masalah yang saling diperdebatkan tanpa ujung, di berbagai media.


Yang perlu kita renungkan bersama, menghadapi semrawutnya informasi serta opini saling justifikasi dari berbagai masalah yang terus akan mencuat di media tanpa bisa dibendung tersebut, apa yang sebaiknya dilakukan masyarakat?

Akses dan Abaikan


Dari sisi komunikasi, informasi yang semrawut dan tidak jelas, justru akan mudah dipercaya, terlebih bagi mereka yang tidak mempunyai informasi atau pun opini pembandingnya.
Menghadapi kenyataan tersebut, sebaiknya masyarakat membandingkannya dengan media arus utama, aplikasi cek fakta atau pun bertanya kepada mereka yang lebih faham.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lomba Justifikasi

Kamis, 15 September 2022 | 07:46 WIB

Pemilik Frequensi dan Pelengkap Penderita

Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:38 WIB

Di Balik Ego dan Kolektivitas Etnis

Kamis, 7 Juli 2022 | 11:08 WIB

Mudik, Thomas Cup, dan Sea Games

Senin, 16 Mei 2022 | 19:23 WIB

Kebijakan Cukai Minuman Berpemanis di Indonesia

Senin, 25 April 2022 | 19:43 WIB

Efisienkah Tilang Elektronik di Kota Solo?

Senin, 25 April 2022 | 19:30 WIB

Menyoal Kenaikan Harga Pertamax

Senin, 25 April 2022 | 13:59 WIB

PPN Naik Menjadi 11%, Tepatkah Kebijakan Ini?

Senin, 25 April 2022 | 12:43 WIB

Kripto Untuk Siapa?

Senin, 18 April 2022 | 11:26 WIB
X