Eksplorasi Kearifan Lokal Jawa Tengah Sebagai Konteks Pembelajaran Matematika

- Senin, 27 Desember 2021 | 19:38 WIB
Eksplorasi Kearifan Lokal Jawa Tengah Sebagai Konteks Pembelajaran Matematika (Upgris)
Eksplorasi Kearifan Lokal Jawa Tengah Sebagai Konteks Pembelajaran Matematika (Upgris)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Permasalahan terkait proses atau teacher centered learning mengakibatkan kemampuan pemahaman konsep maupun kemampuan matematika siswa tergolong rendah. 

Khususnya dalam pembelajaran geometri, siswa sering mengalami kesalahan ketika menyelesaikan permasalahan kekongruenan dan kesebangunan.

kesulitan siswa dalam materi transformasi di antaranya ketika siswa menemukan permasalahan transformasi untuk bangun yang kompleks. 

Baca Juga: Syarat dan Tata Cara Pendaftaran SMA Taruna Nusantara 2022, Buka Online 3-16 Januari

Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam membangun bukti transformasi secara aljabar dan meletakan titik bayangan yang bersesuaian dengan benda. 

Kesulitan ini terjadi karena pembelajaran yang berpusat pada guru. 

Siswa menjadi pasif dan sangat tergantung kepada guru serta siswa tidak diberi kebebasan dan tanggung jawab dalam mengembangkan pengetahuannya. 

Begitulah sekelumit isi materi diskusi ketua Gunawan Saptogiri, S.H., M.M. kepala dinas Pendidikan Kota Semarang, Dr Seno Warsito MPd Ketua LPPM Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) serta peserta Realistic Mathematics Smart Camp, Jumat 23 Desember 2021

Gunawan Saptogiri menuturkan, urgensi kegiatan pengabdian ini memberikan kesempatan guru dalam mengeksplorasi kearifan lokal di Jawa Tengah sebagai konteks pembelajaran  matematika

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Sumber: UPGRIS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBSI UPGRIS Gelar Enam Pementasan Drama

Jumat, 21 Januari 2022 | 12:04 WIB

5 Keuntungan Siswa Jika Lolos SNMPTN 2022

Jumat, 14 Januari 2022 | 07:21 WIB
X