Berbagi Ilmu dan Inspirasi, Mahasiswa PBSI Untidar Gelar Relawan Mengajar di Magelang

- Senin, 4 Juli 2022 | 14:58 WIB
Proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada salah satu rumah warga Dusun Wiropati, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang (Faisal Hendrawan Dwi Janarko magang Ayosemarang)
Proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada salah satu rumah warga Dusun Wiropati, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang (Faisal Hendrawan Dwi Janarko magang Ayosemarang)

MAGELANG, AYOSEMARANG.COM -- Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Tidar (Untidar) Magelang melakukan kegiatan relawan mengajar. Adapun acara ini dilaksanakan di Dusun Wiropati, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Minggu (2/6/2022).

Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa PBSI Untidar ini merupakan bentuk implementasi Tri Dharma Tinggi Perguruan Tinggi dalam mengabdi kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa PBSI Universitas Tidar Magelang Affanudin Daffa saat memberikan arahan kepada mahasiswa sebelum melaksanakan kegiatan.

“Ini sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Tinggi Perguruan Tinggi. Sejatinya mahasiswa adalah agent of change. Wujud aktualisasinya adalah kepada kepada masyarakat di mana dalam konteks ini kita memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Jalan Diperluas, Bagaimana Mobilitas Pasar Sraten Magelang Sekarang?

Adapun bentuk kegiatan relawan mengajar ini diwujudkan dengan pembagian alat tulis dan buku kepada siswa yang membutuhkan.

Salah satu Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa PBSI Untidar, Avanda Purihita mengatakan bahwa pembagian alat tulis dan buku kepada siswa didapatkan dari hasil open donasi. Adapun di sisi lain, ia juga menyebutkan langkah ini dapat menstimulasi terbentuknya rasa kekeluargaan.

“Pembagian alat tulis dan buku diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan di Dusun Wiropati. Kami harapkan langkah ini bisa membantu siswa dalam belajar dan menumbuhkembangkan motivasi siswa dalam belajar,” paparnya.

Baca Juga: Libatkan 124 Mahasiswa Prodi PBSI, Untidar Gelar 4 Jenis Magang

Sementara itu, Priyoto selaku ketua pengurus rumah belajar menyampaikan rasa terima kasih kepada Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tidar Magelang yang telah peduli terhadap anak-anak di Dusun Wiropati. Ia menyebut bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud nyata mahasiswa dalam mengabdi kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PIP Semarang Gelar Diklat bagi Nelayan di Lombok

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:25 WIB
X