(SEMARANGAN) Kelenteng Sio Hok Bio Part 2: Walau Bercorak Tionghoa, Sering Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

- Selasa, 18 Januari 2022 | 17:43 WIB
Pengurus Klenteng Sip Hok Bio sedang melakukan persiapan untuk menyambut Imlek 2022. Meski bercorak Tionghoa, klenteng ini sering menggelar pertunjukan wayang kulit.  (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Pengurus Klenteng Sip Hok Bio sedang melakukan persiapan untuk menyambut Imlek 2022. Meski bercorak Tionghoa, klenteng ini sering menggelar pertunjukan wayang kulit. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

 


SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM - Kelenteng Sio Hok Bio di Pecinan Semarang meskipun bercorak Tionghoa namun punya satu tradisi yang mengangkat dari kebudayaan Jawa.

Pengurus Kelenteng Sio Hok Bio di Pecinan Semarang, Haryanto, menyebut, jika saban tahun sebetulnya di tempatnya selalu mengadakan pertunjukan wayang kulit saat tiba jelang hari jadi.

"Bukan hari jadi. Tepatnya di tengah-tengah tahun sekitar bulan 8 atau 7," ujar Haryanto saat ditemui di Kelenteng Sio Hok Bio di Pecinan Semarang, Selasa 18 Januari 2022.

Baca Juga: Keren!! Realisasi Program Sejuta Rumah Capai 1.105.707 Unit pada Tahun 2021

Haryanto menjelaskan, jika pergelaran wayang kulit itu merupakan asimilasi kebudayaan. Itulah mengapa Kelenteng Sio Hok Bio sering mengadakan pertunjukan wayang kulit.

"Wayang kulit juga mengandung banyak kebaikan. Pertunjukan ini bisa dilihat secara normal dan spiritual," ungkapnya.

Namun semenjak pandemi melanda, pertunjukan wayang kulit itu kini sudah tak digelar kembali.

Bahkan untuk tahun ini, Haryanto belum bisa memastikan akan ada acara apa saja karena menunggu imbauan dari Pemerintah Pusat.

Pertunjukan wayang kulit oleh Kelenteng Sio Hok Bio juga diperkuat oleh buku Bambang Iss Wirya yang berjudul Langit Pecinan.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Terkini

Jadwal Pemadaman PLN Semarang Rabu 25 Mei 2022

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:53 WIB
X