Serius Kurangi Sampah, Pemkot Semarang Optimalkan UMKM Recycle

- Jumat, 1 Juli 2022 | 11:06 WIB
Salah seorang petugas kebersihan memunguti sampah koran usai sholat ied di Simpang Lima Semarang. Pemkot Semarang akan optimalkan recycle untuk kurangi sampah.  (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Salah seorang petugas kebersihan memunguti sampah koran usai sholat ied di Simpang Lima Semarang. Pemkot Semarang akan optimalkan recycle untuk kurangi sampah. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

TUGU, AYOSEMARANG.COM -- Pemkot Semarang terus berupaya mengurangi produksi sampah di Kota Semarang.

Dalam upaya tersebut, Pemkot Semarang meminta semua dinas berkolaborasi dengan pelaku UMKM yang memproduksi barang recycle dari sampah.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup di Semarang Zoo berkata salah satu langkah yang diambil adalah saat Car Free Day.

Baca Juga: Persoalan Sampah di Semarang Mulai Mengkhawatirkan, 2 Bulan Lagi TPA Jatibarang Bakal Penuh

"Langkah yang di ambil dengan memajang produk UMKM olahan sampah anorganik di car free day, tempat publik hingga minimarket yang ada di Kota Semarang," ucap Wakil Wali Kota yang akrab disapa Ita tersebut, Kamis 30 Juni 2022.

Upaya kolaborasi untuk mengurangi sampah ini disebut Ita karena pusat penampungan sampah di Kota Semarang yakni TPA Jatibarang sudah mencapai batas tampung.

"Bahkan dua bulan lagi diperkirakan sudah tidak bisa lagi menampung sampah," ungkap Ita.

Upaya pengurangan sampah dengan recycle itu disambut baik oleh Trikayati (50) Ketua Bank Sampah Alamanda Pengkol Gunungpati Kota Semarang.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup, Kota Semarang Adakan Hari Bebas Asap Kendaraan

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X