Vakum Akibat Pandemi, Komunitas Seniman Tegal Kembali Menggelar Cipok Teater

- Senin, 6 Desember 2021 | 11:40 WIB
Komunitas seniman Tegal kembali menghidupkan Cipok Teater setelah vakum akibat pandemi Covid-19, Minggu 5 Desember 2021 (Dok. Kampung Seni Kota Tegal)
Komunitas seniman Tegal kembali menghidupkan Cipok Teater setelah vakum akibat pandemi Covid-19, Minggu 5 Desember 2021 (Dok. Kampung Seni Kota Tegal)

TEGAL, AYOSEMARANG.COM-- Usai vakum akibat pandemi Covid-19, komunitas seniman Tegal kembali menggelar diskusi teater yang dikemas dalam Cipok Teater atau Moci Karo Ndopok Teater, Minggu 5 Desember 2021.

Cipok Teater merupakan wadah diskusi seputar seni teater yang menghadirkan narasumber-narasumber berpengalaman di dalamnya.

Gelaran Cipok Teater edisi Desember 2021 dengan tema "Tugas Mulia Sang Aktor" menghadirkan pemateri teater yakni Olis, seorang aktor teater yang sudah bergelut di dunia teater di Jakarta.

Baca Juga: Amanda Manopo Ulang Tahun ke-22, Netizen Twitter Ucapkan Selamat: OTW Kasih Surprise Manda

Dalam diskusinya, Olis menyampaikan bahwa tugas mulia seorang aktor di antaranya dia mampu memerankan dengan baik tokoh yang telah dipercayakan pada dirinya.

"Seorang aktor harus membangun internal (rasa) pada dirinya, bukan hanya eksternalnya. Itulah problem klasik sekarang, yang dibentuk hanya eksternalnya (suara, artistik, atribut,) yang bertujuan untuk mengindah-indahkan saja, sedangkan internalnya kosong. Seperti halnya patung yang bagus tapi di dalamnya kosong. Aktor itu harus cerdas," ujar Olis.

Menurut Olis, tugas mulia seorang aktor adalah memuliakan cerita, lawan main, semua orang yang terlibat pada proses, dan memuliakan setiap orang dalam kehidupannya.

Baca Juga: Pemerintah Tegaskan Aturan PPKM Level 3 Libur Nataru

Sementara Ketua Kampung Seni Kota Tegal S. Mu'min menyampaikan bahwa giat Cipok Teater tersebut bergulir setiap bulan sekali di wilayah Kabupaten dan Kota Tegal.

Halaman:

Editor: Lilisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Second Kini Ada di Pekalongan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 23:00 WIB

Puan Beri Pengarahan Pengurus DPC PDIP Boyolali

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:03 WIB

Lapas Kelas II Batang Ajari Warga Binaan Ternak Itik

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:58 WIB
X