G20 Empower di Yogyakarta: Dukung Pemberdayaan Perempuan di Sektor UMKM

- Kamis, 19 Mei 2022 | 18:01 WIB
President Director & CEO XL Axiata sekaligus Co-Chair of W20 Indonesia dan advokat G20 Empower Dian Siswarini di Yogyakarta, Rabu 18 Oktober 2022.  (arri widiarto/ayosemarang.com)
President Director & CEO XL Axiata sekaligus Co-Chair of W20 Indonesia dan advokat G20 Empower Dian Siswarini di Yogyakarta, Rabu 18 Oktober 2022. (arri widiarto/ayosemarang.com)


YOGYAKARTA, AYOSEMARANG.COM– Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar di Indonesia tahun 2014-2018, dari total usaha yang berjumlah 64 juta unit usaha, 99,99% usaha di Indonesia adalah UMKM, sementara berdasarkan survei dari Bank Dunia lebih dari 50% usaha mikro dan kecil dimiliki oleh perempuan. Dari data tersebut, disimpulkan perempuan perlu mendapat bantuan karena potensi dan perannya dalam sektor ekonomi sebagai pelaku usaha sangatlah besar.

Namun di sisi lain, pelaku UKM perempuan merupakan pihak yang paling terdampak secara ekonomi dan sosial selama masa pandemi. Oleh sebab itu, perlu langkah serius agar perempuan sebagai penggerak ekonomi keluarga dan UMKM yang dikelolanya agar bisa menopang ekonomi keluarga dan menggerakkan ekonomi di lingkungan sekitarnya.

Hal ini diungkapkan President Director & CEO XL Axiata sekaligus Co-Chair of W20 Indonesia dan advokat G20 Empower Dian Siswarini di Yogyakarta, Rabu 18 Oktober 2022. Menurutnya, seiring dengan perkembangan teknologi, penguatan peran perempuan khususnya dalam pengembangan UMKM ini antara lain bisa dilakukan dengan memaksimalkan teknologi.

Baca Juga: Bertoga, Taylor Swift Terima Gelar Doctor Fine Arts dari New York University

''Bagi para perempuan pelaku usaha mikro, teknologi akan memungkinkan mereka untuk menembus pasar yang lebih luas, yang hampir mustahil bisa dijangkau jika tidak online,'' papar Dian.

PT Axiata Tbk sendiri dalam rangka meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan khususnya pasca pandemi, (EXCL) meningkatkan flagship proyek miliknya Sisternet dan Sispreneur.

Melalui Group of Twenty (G20) Empower Presidensi Indonesia 2022, XL sebagai private sector berkomitmen akan membawa proyek tersebut lebih banyak menjangkau pelaku UMKM perempuan, apalagi pandemi Covid-19 banyak menggoyahkan usaha mereka.

''Sisternet awalnya untuk meningkatkan literasi digital di kalangan perempuan ke arah Sisperneur yang menggunakan teknologi digital untuk membangun bisnis,'' paparnya.

Ia menambahkan G20 Empower melibatkan delegasi dari negara lain untuk mengkoneksikan angel investor komunitas dari berbagai anggota G20 guna membantu UMKM yang XL Axiata bina di Sispreneur. Sispreneur sendiri dibangun atas sinergi antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dengan XL Axiata.

Chair G20 Empower yang juga Direktur & Chief Strategic Transformation & IT Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya menuturkan, peran perempuan dalam UMKM sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi mendesak dalam masa pasca pandemi.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X