Ada Pendampingan KPK, Capaian MCP Pemkab Batang Naik 94,02 Persen

- Rabu, 25 Mei 2022 | 13:29 WIB
 Ketua Korwil Wilayah III KPK Republik Indonesia Brigjen Pol Bachtiar Ujang Purnama dan Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat saat rapat MCP di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu 25 Mei 2022.  (muslihun)
Ketua Korwil Wilayah III KPK Republik Indonesia Brigjen Pol Bachtiar Ujang Purnama dan Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat saat rapat MCP di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu 25 Mei 2022.  (muslihun)

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Monitoring Centre for Prevention (MCP) atau monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi tata kelola Pemerintah Kabupaten Batang nilainya 94,02 persen.

Nilai itu mengalami kenaikan yang cukup signifikan jika dibandingkan tahun 2020 yang capain nilainya 90.06 persen. 

Penilaian MCP KPK itu, mengacu pada 8 area intervensi dari mulai Perencanaan dan penganggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Pengawasan APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah). 

Lalu, Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Keuangan Daerah.

Baca Juga: Banjir Rob Rendam SDN 3 Bandengan Kendal, Siswa Tetap Semangat Belajar

"Nilai 94,02 persen MCP Kabupaten Batang benar-benar sangat luar biasa.  Meskipun daerah lain ada yang lebih baik. Oleh karen itu, harus kerja keras lagi agar nilainya lebih dari daerah lain," kata Ketua Korwil Wilayah III KPK Republik Indonesia Brigjen Pol Bachtiar Ujang Purnama saat rapat MCP di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu 25 Mei 2022. 

Ia menyebutkan, nilai MCP di wilayah Jawa Tengah di tahun 2021 mengalami kenaikan. Ada 19 daerah di tahun ini capaian nilai MCP diangka 90. Kenaikan ini sangat signifikan jika dibandingkan tahun 2020 yang hanya ada 5 daerah. 

Baca Juga: Nur Asli KKN di Desa Penari Beri Pesan Mendalam Soal Bima dan Ayu, Begini Isinya

"Kalau melihat nilai, persaingannya sudah sangat ketat. Bahkan Provinsi Semarang juga kalah tinggi dengan Kabupaten Semarang yang mempunyai nilai paling tinggi 97 MCP nya," katanya. 

Brigjen Pol Bachtiar Ujang Purnama meyakini, tahun 2022 Kabupaten Batang nilai MCP nya akan mengalami peningkatan atau bertambah baik. 

Halaman:

Editor: Iswara Bagus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Batang Temukan 2 Kasus Covid-19 Baru

Jumat, 1 Juli 2022 | 14:31 WIB
X