Syukuran Kelulusan, Siswa SD di Batang Pawai Pakai Baju Adat Nusantara

- Kamis, 16 Juni 2022 | 11:26 WIB
SDN Proyonanggan 03 Batang saat menggelar pawai kelulusan untuk siswa kelas 6, Rabu 15 Juni 2022.  (Muslihun/Kontributor Batang)
SDN Proyonanggan 03 Batang saat menggelar pawai kelulusan untuk siswa kelas 6, Rabu 15 Juni 2022. (Muslihun/Kontributor Batang)

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Syukuran merayakan kelulusan siswa kelas 6 SDN Proyonanggan 03 Kecamatan Batang terbilang berbeda.

Pasalnya, mereka merayakannya dengan pawai keliling jalan kaki yang menggunakan baju adat tradisional nusantara.

Para siswa tidak hanya mengenakan beskap dan juga blangkon kas Jawa. Sebagian anak juga mengunakan baju tradisional dari Bali, Kalimantan, dan lainya.

Baca Juga: Viral Tangan Anak Ini Lebam Usai Dirawat di RSUD Kalisari, Ini Pembelaan Pihak Rumah Sakit

"Kami ajak mereka untuk memakai pakaian adat. Kami keliling dengan jalan santai ke sekitar lingkungan sekolah. Kami harap bisa menumbuhkan kecintaan mereka terhadap baju adat dan tradisi. Sekaligus juga mengajak mereka untuk nguri-nguri budaya lokal," ujar Kepala SDN Proyonanggan 03, Esti Yuni P saat diwawancarai, Rabu 15 Juni 2022.

Tak hanya sekadar merayakan kelulusan, SDN Proyonanggan 03 Batang berharap kegiatan ini juga bisa menumbuhkan kecintaan kepada masyarakat bahwa Indonesia memiliki banyak pakain adat dan budaya yang harus dilestarikan.

Baca Juga: Partai Buruh Hadiri Peluncuran Tahapan Pemilu 2024, Ini Tanggapan KPU Batang

Setelah pawai, siswa mengikuti pengumuman kelulusan dan juga kegiatan syukuran bersama wali murid. Tahun ini SDN Proyonanggan 03 Batang meluluskan 32 murid.

"Kami berharap nantinya siswa kami bisa menjadi siswa yang punya nilai plus. Tak hanya di bidang akademik saja tetapi non akademiknya. Dan mau sekolah dimana saja, kami harap mereka bisa sukses melanjutkan pendidikan mereka hingga jenjang yang lebih tinggi," pungkasnya.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Renungan Ulang Janji Pramuka di Lapas Kelas IIB Batang

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:25 WIB

Pemkab Batang Gelar Program Pemutihan Denda Pajak PBB

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:48 WIB
X