Kurangi Impor Buah, Penyuluh Pertanian Batang Budidaya Anggur dan Buka Sekolah Gratis

- Minggu, 26 Juni 2022 | 12:26 WIB
Tri Makno warga Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang sukses budidaya tanaman anggur. Foto: Muslihun kontributor Batang.
Tri Makno warga Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang sukses budidaya tanaman anggur. Foto: Muslihun kontributor Batang.

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Tanaman buah anggur ternyata cocok ditanam di daerah pesisir pantai utara Batang, meskipun dengan dengan suhu dan kelembaban udara yang cukup tinggi.

Meskipun budidaya tanaman anggur selama ini dilakukan pada kondisi iklim yang sesuai dengan tanaman, tanaman asal Armenia (Rusia) itu sudah dibuktikan oleh Tri Makno warga Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang

Baca Juga: Berantas PMK, 23 Ribu Sapi di Batang Divaksin

Ia yang bekerja sebagai penyuluh pertanian Dinas Pangan dan Pertanian Batang menanam anggur dengan memanfaatkan tanah pekarangan rumahnya.

"Negara kita masih mengalami musim kemarau lembab, karena kadang masih ada curah hujan turun.

Makanya, tanaman anggur sulit dibudidayakan jika dilahan terbuka. Kita mempunyai tekniknya sendiri dengan menanam anggur dipekarangan rumah tidak menggunakan teknik konvensional," katanya, Minggu 26 Juni 2022.

Dijelaskan, tanaman anggur tidak memerlukan lahan yang luas. Dengan lahan 6x12 meter sudah sangat efektif dengan ditanami ada 20 jenis anggur.

"Paska tanam harus kita pupuk rutin dan 4 bulan sudah kita buahkan. Caranya dengan memotong batang paling pucuk 0,5 cm menggunakan kuku tangan saja," jelasnya.

Baca Juga: Banyak Pabrik Industri, Pemuda Pancasila Batang Ingin Ada Pelatihan Kerja untuk Anggotanya

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BRIN Gelar Bimtek Kekayaan Intelektual di Batang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:39 WIB
X