DPRD Batang Soroti Sampah di TPA hingga Luber ke Jalan Raya

- Jumat, 24 Juni 2022 | 18:28 WIB
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang mensiasati TPA dengan pagar seng agar sampah tidak luber ke jalan raya.  (Muslihun kontributor Batang. )
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang mensiasati TPA dengan pagar seng agar sampah tidak luber ke jalan raya. (Muslihun kontributor Batang. )

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Tumpukan sampah rumah tangga di TPS (Tempat Pembuangan Sementara) hingga meluber ke pinggir jalan raya di beberapa sudut Kabupaten Batang mendapat sorotan DPRD Kabupaten Batang

Penanganan dan pengelolaan sampah yang kurang maksimal itu dipertanyakaan fraksi PKB, PPP dan Hanura-Nasdem dalam sidang paripurna DPRD tentang pandangan umum fraksi terhadap pertangungjawaban APBD 2021, Kamis 24 Juni 2022. 

Terkait masalah sampah tersebut, Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyatakan, Dinas Lingkungan Hidup sebagai pengampu sudah melakukan langkah awal dengan merapikan TPS yang berada di pinggir jalan-jalan utama di Kota Batang.

Baca Juga: Awas Tergoda, Ini 4 Rekomendasi Kedai Ndas Manyung Khas Semarang Terenak

"Cara DLH dengan memberikan pagar seng supaya timbulan sampah tidak tercecer kemana-mana dan mencegah bau yang menyengat, selanjutnya akan diatur jam pembuangan sampah sehingga saat masyarakat beraktivitas kondisi TPS sudah bersih," kata Lani Dwi Rejeki

Pj Bupati Batang itu juga menungkapkan  rencana ke depan untuk semua TPS yang berada di pinggir jalan jalan utama Kota Batang akan ditutup permanen, setelah mendapatkan lahan pengganti yang lokasinya tidak di pinggir jalan utama.

"Untuk penanganan TPS yang di luar Kota Batang, ke depan perlu penambahan armada sampah. Karena saat sekarang armada sampah yang dimiliki tidak bisa maksimal dengan volume sampah yang terus bertambah," kata Lani Dwi Rejeki

Baca Juga: Warga Desa Wonosegoro Tolak Pj Kades, Ini Penjelasan Pj Bupati Batang

Ia pun menambahkan, sebagai upaya dalam penanganan sampah di wilayah Batang Timur,  DLH akan menambah  armada yang standby dan khusus yang dipergunakan untuk pembuangan akhir di Sub TPA Surjo. Hal itu, untuk mengurangi beban TPA Randukuning, Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman. 

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BRIN Gelar Bimtek Kekayaan Intelektual di Batang

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:39 WIB
X