Ibadah Haji Sebagai Momentum Perbaikan dan Transformasi Diri

- Rabu, 6 Juli 2022 | 12:12 WIB
Ibadah Haji sebagai momentum perbaikan dan transformasi diri. (pixabay)
Ibadah Haji sebagai momentum perbaikan dan transformasi diri. (pixabay)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM – Seperti yang diketahui, saat ini umat Muslim dari seluruh dunia akan melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Hal tersebut tentunya menjadi momentum untuk memperbaiki diri dan transformasi diri menjadi lebih baik.

Dikerahui, ibadah haji termasuk salah satu rukun Islam yang kompleks. Karena di dalamnya terdapat berbagai aspek, mulai dari aspek perjalanan, ritual, fisik dan mental spiritual, yang semuanya melibatkan interaksi dan komunikasi sesama manusia maupun dengan Tuhan.

Banyak hikmah dan manfaat dengan ibadah haji. Diantaranya sebagai lambang persatuan umat Islam dari berbagai negara, sebagai latihan perbaikan diri untuk perjalanan panjang di kehidupan selanjutnya.

Baca Juga: Alasan Idul Adha Sering Disebut Lebaran Haji

Seseorang yang telah melaksanakan ibadah haji juga dapat terdorong hatinya untuk tidak berbuat maksiat karena selalu ingat dengan kematian.

Selain itu, melatih kesabaran dalam menghadapai sebuah kesulitan untuk tetap beribadah.

Banyaknya nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan selama ibadah haji berlangsung membuat siapapun dapat melakukan transformasi diri.

Baca Juga: Penetapan Idul Adha 2022 di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda, Masyarakat Harus Ikut Mana?

Seorang muslim yang sudah berhaji memiliki tuntutan dalam diri untuk lebih memiliki nilai-nilai yang menggambarkan pribadi seorang muslim yang ideal.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X