G30S PKI Berhasil Diberantas Soeharto, Begini Nasib Para Dalangnya Termasuk DN Aidit

- Kamis, 29 September 2022 | 14:20 WIB
G30S PKI akhirnya mampu ditumpaskan oleh pimpinan Mayjen Soeharto dan para dalang pun mendapatkan hukumannya serta PKI dan kawannya pun lenyap dibubarkan. (Pikiran Rakyat)
G30S PKI akhirnya mampu ditumpaskan oleh pimpinan Mayjen Soeharto dan para dalang pun mendapatkan hukumannya serta PKI dan kawannya pun lenyap dibubarkan. (Pikiran Rakyat)

AYOSEMARANG.COM – Indonesia memiliki begitu banyak sejarah perjuangan para pahlawan bangsa yang mengharukan salah satunya yaitu dalam peristiwa G30S PKI.

Peristiwa G30S PKI memberi pesan moral yang begitu dalam. Sampai akhirnya harus ada tujuh perwira yang kini menjadi pahlawan revolusi yang menjadi korban dalam peristiwa itu karena mereka diculik, disiksa, dan ditembak.

Dari 7 pahlawan revolusi yang meninggal dalam G30S PKI tersebut yakni, Letjen Ahmad Yani, Mayjen R Soeprapto, Mayjen Harjono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Panjaitan, Brigjen Sutoyo, serta Lettu CZI Pierre Andries Tendean.

Baca Juga: Gugur dalam G30S PKI, Inilah Profil 7 Pahlawan Revolusi dari Ahmad Yani hingga Pierre Tendean

Sampai akhirnya, Gerakan 30 September 1965 itu mampu ditumpaskan dan dikalahkan oleh pimpinan Mayjen Soeharto yang saat itu menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Sebelumnya, Mayjen Soeharto telah menerima laporan terkait adanya jenderal yang diculik dan saat itu Soeharto pun langsung mengambil alih pimpinan Angkatan Darat untuk segera menuntaskan peristiwa berdarah itu.

Dimulai pada 1 Oktober 1965, TNI berusaha menetralisasi pasukan-pasukan G30S PKI yang menduduki Lapangan Merdeka.

Mayjen Soeharto pun menugaskan Kolonel Sarwo Edhi Wibowo untuk merebut kembali gedung RRI dan Pusat Telekomunikasi, tugas tersebut selesai dalam waktu singkat dan tanpa pertumpahan darah.

Lebih lanjut, pada pukul 20.00 WIB Soeharto mengumumkan bahwa telah terjadi perebutan kekuasaan oleh gerakan 30 September 1965.

Halaman:

Editor: Oriza Shavira Arifina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X