Solusi Efektif Ketika Terjadi Gempa di Rumah dan di 4 Lokasi Rawan ini

- Selasa, 22 November 2022 | 22:07 WIB
Bank Mandiri menyalurkan bantuan kemanusiaan pasca gempa di Cianjur, Jawa Barat. (dok Bank Mandiri)
Bank Mandiri menyalurkan bantuan kemanusiaan pasca gempa di Cianjur, Jawa Barat. (dok Bank Mandiri)

AYOSEMARANG.COM -- Sebagian dari kalian mungkin belum tahu bahwa ketika gempa terjadi di lokasi-lokasi tertentu, kalian bisa mengantisipasi agar terhindar dari cedera parah akibat gempa bumi.

Dalam artikel ini kami membahas solusi efektika ketika gempa bumi terjadi di beberapa lokasi berikut ini. Baca sampai selesai.

Sebelumnya, Sangat disarankan Ketika terjadi gempa bumi, sementara rumah kamu memiliki jendela besar, alangkah baiknya diganti dengan menggunakan selotip lebar untuk mengantisipasi sebagian jendela agar terhindar dari cedera parah jika terjadi gempa bumi.
 
Selanjutnya kamu jangan pernah masuk ke kamar mandi setelah merasakan gempa, karena kamar mandi bisa jadi basah dan sangat berdampak pada cedera jika kamu masuk kamar mandi.

Salah satu tempat yang paling tidak aman adalah garasi. Karena tempat-tempat ini biasanya memiliki satu dinding yang lebih sedikit daripada bagian rumah lainnya.

Garasi dengan satu dinding yang lebih sedikit juga kurang aman terhadap gempa bumi. Salah satu cara terbaik untuk menghindari puing-puing rumah adalah dengan pergi ke bawah meja atau kursi logam yang kokoh.

Jika terjadi gempa bumi sementara kamu tiba-tiba panik, usahakan meletakkan kepala dan seluruh tubuhmu di bawah kursi dan memegang kursi dengan baik dan kuat dengan tanganmu sehingga kamu melihat sedikit kerusakan akibat jatuh, misalnya pada bagian dinding. Namun ketika terjadi gempa di luar rumah dan tepat pada lokasi-lokasi tertentu, simak di bawah ini:

1. Gempa bumi di tempat umum

Jika kamu berada di tempat umum seperti teater, restoran, atau pusat perbelanjaan, kamu harus mencari penutup terdekat untuk melindungi diri dari benda yang jatuh. Dalam situasi seperti itu, orang akan panik dan melarikan diri tanpa sadar. Cobalah untuk menjauh dari kerumunan yang melarikan diri dan kumpulkan akal sehatnya dan berlindung di tempat yang aman.

2. Gempa di bioskop

Jika kamu sedang menonton film di bioskop saat gempa terjadi, segera gunakan tempat duduk sebagai pelindung dan letakkan tanganmu di belakang kepala untuk melindungi tulang belakangmu. Usahakan untuk mengingat rute keluar sebelum memasuki aula agar tidak menemui kendala saat keluar. Di saat-saat seperti ini, kendalikan dirimu dan jangan terlalu bersemangat.

3. Gempa bumi di pasar dan lorong-lorong

Biasanya, di lorong, kaca lebih menonjol daripada bahan lainnya. Tempat seperti itu akan sangat berbahaya saat terjadi gempa. Salah satu tempat terbaik saat terjadi gempa adalah rak pakaian yang biasanya terbuat dari logam dan dapat melindungi kamu dari segala macam kerusakan. Lampu gantung dan lampu gantung bisa menjadi ancaman serius. Cobalah untuk tidak berdiri
di bawah benda yang digantung seperti itu.

4. Gempa di toko yang sangat besar

Salah satu insiden terparah yang bisa terjadi saat gempa terjadi di mall atau supermarket yang sangat ramai. Oleh karena itu jika terjadi gempa di tempat seperti ini akan membuat kepanikan orang-orang untuk mencari jalan keluar.
Oleh karena itu usahakan untuk tidak berdiri di samping atau menghadap ke pintu keluar, karena kemungkinan orang-orang akan berlarian ke arahmu.

Dalam situasi seperti itu pastikan mencari kolong tangga yang bisa menjadi tempat berlindung yang aman. Selain itu, rak besi yang menjadi tempat menyimpan barang juga bisa menjadi alternatif yang baik. Jangan berada di tengah-tengah toko besar, karena tempat-tempat ini adalah tempat jatuhnya segala macam gantungan dan kacamata dari lantai atas.

Demikian solusi efektif ketika terjadi gempa di rumah dan di 4 lokasi rawan. Semoga bermanfaat.

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X