Doa Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Rajab, Bolehkah Digabung dengan Puasa Rajab dan Gimana Hukumnya?

- Senin, 23 Januari 2023 | 11:33 WIB
Doa niat puasa qadha Ramadhan di bulan Rajab, bolehkah digabung dengan puasa Rajab dan gimana hukumnya. (Pexels: Konevi)
Doa niat puasa qadha Ramadhan di bulan Rajab, bolehkah digabung dengan puasa Rajab dan gimana hukumnya. (Pexels: Konevi)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Doa niat puasa qadha Ramadhan di bulan Rajab, sekaligus penjelasan tentang hukum menggabung puasa Rajab dan qadha Ramadhan, apakah diperbolehkan?

Bulan Rajab tahun ini jatuh pada tanggal 23 Januari 2023 menurut kalender digital yang disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Bagi sebagian umat Islam yang memiliki hutang puasa Ramadhan tahun lalu wajib mengganti atau qadha sebelum datangnya bulan Ramadhan tahun berikutnya.

Baca Juga: MURAH Bin Irit BBM! New Honda Amaze 2023 Punya Fitur Canggih Bergaya Sporty Ala Anak Muda Milenial

Umat Islam biasanya mengganti puasa Ramadhan bersamaan dengan waktu tertentu agar mendapatkan pahala yang double, seperti digabung dengan puasa Rajab.

Pahala dan keutamaan yang dimaksud adalah pahala puasa wajib dari puasa qadha Ramadhan atau membayar hutang puasa dan puasa sunnah Rajab di bulan Rajab.

Lalu, bolehkah puasa qadha Ramadhan dan puasa Rajab digabung, bagaimana hukumnya dan bacaan niatnya?

Menurut beberapa ulama, hukum penggabungan puasa qadha atau puasa ganti Ramadhan dengan puasa Rajab adalah diperbolehkan dan sah.

Baca Juga: Apa Itu Galaxy Experience Space? Benar Showcase Mewah Besutan Samsung yang Tak Akan Digelar di Indonesia?

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sudah Tahu Belum? Ini 5 Pakan Wajib Ikan Channa

Senin, 6 Februari 2023 | 20:35 WIB
X