Kisah Alaina Curry Melunasi Utang Rp1,4 Miliar dalam 5 Tahun dengan 5 Tips Ini

- Senin, 15 Agustus 2022 | 18:44 WIB
Cara melunasi utang menggunung dalam 5 tahun  (Pixabay)
Cara melunasi utang menggunung dalam 5 tahun (Pixabay)



AYOSEMARANG.COM - Utang telah menjadi masalah keuangan bagi hampir semua orang di dunia. Termasuk Alaina Curry yang tinggal di Amerika. Ia terjerat utang yang menggunung, total utangnya US$100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar.

Namun, utang itu lunas hanya dalam waktu lima tahun. Bagaimana ceritanya?

Wartawan CNBC Alaina Curry lulus kuliah pada tahun 2009. Saat itu, dia sudah terbebani dengan utang pinjaman mahasiswa senilai $80.000 atau Rp 1,4 miliar menggunakan kartu kredit. Tidak ingin berutang lagi, dia juga membuat rencana untuk melunasi semuanya. Bagaimana dia melakukannya?

Baca Juga: 5 Ide Menghias Kelas Bertema 17 Agustus, Cocok untuk Siswa Sekolah

1. Tetapkan tujuan

Dia menetapkan tujuan untuk lima tahun ke depan untuk melunasi utangnya. Saat itu usianya 25 tahun. Dia harus bebas hutang pada usia 30 tahun. Dengan tujuan yang dia tetapkan, dia juga memiliki tujuan yang lebih jelas.

2. Temukan referensi

Buku Dave Ramsey The Total Money Makeover menjadi bukunya tentang melunasi hutang. Dia juga menonton video keuangan di YouTube dan mendengarkan podcast. Referensi dari para ahli ini membantunya merumuskan strategi selanjutnya.

3. Dengan gerakan manusia salju

Berdasarkan referensi yang diterimanya, Alaina memutuskan strategi bola salju. Dia membuat daftar hutang dari denominasi minimum hingga denominasi maksimum. Kemudian bayar mulai dari nilai terendah.

Baca Juga: 5 Tujuan Keuangan yang Harus Dimiliki Setiap Orang

Jika dia memiliki banyak hutang kartu kredit, membayar lebih dari jumlah minimum tidak cukup untuk menyelesaikan masalah. Ia mengalami kemajuan yang lambat. Plus, dia hanya perlu membayar secara konsisten.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X