Pemerintah Siapkan Anggaran Rp27 Miliar untuk Akreditasi Perguruan Tinggi

- Selasa, 25 Januari 2022 | 17:47 WIB
Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti Ristek (Kemdikbudristek), Lukman (kanan) saat menyampaikan paparan dalam Forum Pimpinan PT di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI di Hotel Best Western Solo Baru, Sukoharjo, Selasa 25 Januari 2022.  (dok Humas LLDIKTI VI Jateng)
Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti Ristek (Kemdikbudristek), Lukman (kanan) saat menyampaikan paparan dalam Forum Pimpinan PT di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI di Hotel Best Western Solo Baru, Sukoharjo, Selasa 25 Januari 2022. (dok Humas LLDIKTI VI Jateng)

SUKOHARJO, AYOSEMARANG.COM – Pemerintah menyiapkan anggaran Rp27 miliar untuk akreditasi perguruan tinggi (PT).

Anggaran Rp27 miliar tersebut sebagai insentif bagi PT yang terkendala pembiayaan pengurusan akreditasi. Hal itu dimaksudkan untuk peningkatan kualitas pendidikan di tingkat PT.

Keterangan tersebut disampaikan Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti Ristek (Kemdikbudristek), Lukman usai mengadiri kegiatan Forum Pimpinan PT di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI di Hotel Best Western Solo Baru, Sukoharjo, Selasa 25 Januari 2022.

Baca Juga: 12 Artis Keturunan Tionghoa Merayakan Tahun Baru Imlek, Ada yang Mualaf

Hingga hari ini, Lukman mengemukakan sedikitnya ada 54 PT swasta yang belum terakreditasi.

“Kami berharap bisa terakreditasi dan akan diberikan  fasilitas dana insentif dan dana penggabungan dan dilakukan pendampingan. Biaya akan ditanggung negara dalam bentuk insentif akreditasi sebesar Rp27 miliar,” ucap Lukman.

Akreditasi PT tersebut sesuai dengan Permendikbud Dikti nomor 35/2022 tidak lagi melalui BAN (Badan Akreditasi Nasional). Lukman menyampaikan, beberapa kebijakan pemerintah mengenai akreditasi nanti tidak lagi lewat BAN, tapi lewat Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Termasuk juga untuk prodi-prodinya juga akan dibebaskan sesuai dengan yang akan diajukan oleh PT itu sendiri. Hanya saja, untuk proses tersebut PT harus mengeluarkan biaya dan selama ini banyak PT yang tidak mempunyai kemampuan untuk itu.

Baca Juga: LINK Download Minecraft Java Edition Terbaru 2022, Bukan Mod Apk Terbaru, Resmi dan Legal di Sini

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sri Suciati Calon Tunggal Rektor UPGRIS

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:34 WIB
X