Angkat Topik Kepribadian Remaja dalam Perilaku Ramah Lingkungan, Susana Adi Jadi Doktor Baru di Unika

- Selasa, 22 Maret 2022 | 22:16 WIB
Susana Adi Astuti sebelum melakukan ujian disertasi. Susana jadi doktor Baru di bidang lingkungan Unika Soegijapranata. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Susana Adi Astuti sebelum melakukan ujian disertasi. Susana jadi doktor Baru di bidang lingkungan Unika Soegijapranata. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM - Unika Soegijapranata menambah doktor baru di bidang ilmu lingkungan, Selasa 22 Maret 2022.

Doktor baru Unika Soegijapranata di bidang ilmu lingkungan itu bernama Promovenda Susana Adi Astuti S Pi MM MSi. Dia menamatkan S3 di Program Studi Doktor dan Ilmu Lingkungan (PDIL).

Judul disertasi Susana Adi Astuti adalah Pengaruh Kecerdasan Eksistensial, Kepribadian dan Determinasi Motivasi Diri Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan, dengan Perilaku Terencana Sebagai Pemediasi.

Dalam disertasi itu, Susana mengalamatkan objek kajiannya pada semua SMA Adiwiyata atau sekolah yang berbasis lingkungan.

Baca Juga: Alhamdulillah! Ria Ricis Kabarkan Hamil Lewat Instagram, Warganet Mendoakan

"Saya penelitian di 74 sekolah SMA negeri dan swasta. Hasilnya ada 866 guru dan siswa yang menjadi sampel penelitian terkait topik yang diangkatnya," ujarnya.

Susana menjelaskan untuk berperilaku ramah lingkungan, dibutuhkan faktor internal seperti kecerdasan eksistensial, motivasi determinasi diri dan kepribadian.

Namun ketiga potensi yang ada pada siswa ini akan semakin tumbuh dan berkembang ketika ada variabel yang memediasi.

"Yang memediasi yaitu sikap, norma norma subjektif dan kontrol diri siswa serta instensi. Kemudian kenapa saya angkat penelitian dengan fokus remaja? Karena mereka terutama yang masih SMA itu masih berada dalam tahap pencarian jati diri," jelasnya.

Baca Juga: (SEMARANGAN) Hantu di Kota Semarang dalam Catatan Sejarah Part 2: Hantu Wilwo dan Nyi Blorong

Tanpa ada pemahaman mendalam terhadap jati diri dan lingkungannya maka remaja rawan melakukan sikap yang kurang bertanggungjawab.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Vokasi UNDIP Kukuhkan 1.535 Mahasiswa Baru

Senin, 15 Agustus 2022 | 18:08 WIB

PIP Semarang Gelar Diklat bagi Nelayan di Lombok

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:25 WIB
X