Mahasiswa KKN Undip Beri Sarana Pemilah Sampah di Wisata Pantai Teluk Awur

- Minggu, 27 November 2022 | 20:45 WIB
Kiri: Foto bersama direktur BUMDes: Kanan: Foto bersama petinggi Desa Teluk Awur. (dok pribadi)
Kiri: Foto bersama direktur BUMDes: Kanan: Foto bersama petinggi Desa Teluk Awur. (dok pribadi)

JEPARA, AYOSEMARANG -- Dalam rangka menjaga kebersihan kawasan wisata di Desa Teluk Awur, sekelompok mahasiswa KKN Tematik Jepara, Universitas Diponegoro (Undip) memberikan bantuan berupa sarana pemilah sampah kepada BUMDes selaku pengelola wisata Pantai Teluk Awur.

Selain itu, sarana pemilah sampah ini juga diserahkan secara simbolis kepada Petinggi Desa Teluk Awur, bapak N. Rokhman, Selasa 22 November 2022.

Selain sebagai wujud nyata dukungan pemeliharaan kebersihan di kawasan tempat wisata, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi program kerja multidisiplin yang dilaksanakan oleh mahasiswa kelompok 4 KKN Tematik Jepara Universitas Diponegoro di mana tema yang diusung oleh kelompok tersebut adalah “Pemberdayaan Potensi Pariwisata di Desa Teluk Awur.

Sementara itu, jumlah sarana pemilah sampah yang diserahkan sebanyak 4 pasang. Sepasang sarana pemilah sampah tersebut terdiri dari dua jenis warna, yaitu kuning untuk sampah anorganik dan hijau untuk sampah organik.

Sarana pemilah sampah tersebut akan ditempatkan di sejumlah titik di kawasan wisata Desa Teluk Awur. Penyerahan sarana pemilah sampah dilakukan secara simbolis bersama Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Teluk Awur, Muji Arwani.

Menurut koordinator kelompok 4 KKN Tematik Jepara Universitas Diponegoro Tahun 2022, Muhammad Naufal Adil, pengadaan sarana pemilah sampah ini merupakan salah satu solusi dari permasalahan sampah yang selama ini dirasakan oleh pelaku usaha di sekitar Pantai Teluk Awur.

Selama ini, sampah di kawasan tersebut belum dipilah sesuai dengan jenisnya. Belum adanya sarana pemilah sampah, menjadi alasan utama para pelaku usaha belum memilah sampahnya.

Naufal berharap bahwa sarana pemilah sampah ini dapat memberikan manfaat bagi Desa Teluk Awur, khususnya kawasan wisata Pantai Teluk Awur.

Pada kesempatan tersebut, petinggi Desa Teluk Awur, N. Rokhman dan Direktur BUMDes, Muji Arwani mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas bantuan sarana pemilah sampah yang diberikan oleh mahasiswa KKN Tematik Jepara Universitas Diponegoro.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X