Transportasi Kapal Masih Sulit, Ganjar Pranowo Dorong Ekspor UMKM dengan Pesawat Kargo

- Jumat, 14 Januari 2022 | 18:26 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo inisiasi ekspor UMKM gunakan pesawat kargo. (dok humas)
Gubernur Ganjar Pranowo inisiasi ekspor UMKM gunakan pesawat kargo. (dok humas)

SEMARANGBARAT, AYOSEMARANG.COM - Gubernur Ganjar Pranowo mengambil langkah cepat dalam mengatasi kesulitan kapal untuk pengiriman barang produk UMKM ke luar negeri karena akses ke berbagai negara banyak yang ditutup.

Salah satu ide pengiriman barang produk UMKM ke luar negeri yang digunakan oleh Gubernur Ganjar Pranowo adalah dengan menggunakan pesawat kargo.

Penerbangan pertama pesawat kargo yang diinisiasi Gubernur Ganjar Pranowo dilaksanakan melalui Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis 13 Januari 2022.

Baca Juga: Gempa 6,7 Magnitudo Terasa Hingga Jakarta, Pasien Wisma Atlet Berhamburan

Sebanyak 6,3 juta ton produk perikanan dan album foto diekspor ke Singapura.

“Kami mencarikan produk yang akan dikirim untuk ekspor. Perdana ini ke Singapura. Kita buka peluang dengan visibilitas bisnis yang ada seperti Tiongkok, Jepang, dan lainnya,” kata Ganjar usai menyaksikan penerbangan perdana.

Ganjar menuturkan, pihaknya menggandeng PT Garuda Indonesia Indonesia (Persero) Tbk untuk mengembangkan produk UMKM dengan mengirimkannya sampai luar negeri.

“Kami sampaikan terima kasih dengan Garuda (PT Garuda Indonesia) karena sekian space (ruang) disediakan untuk produk UMKM dengan ongkos yang didiskon,” ucapnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo mengatakan, dalam penerbangan kargo perdana ini ada 6,3 ton produk senilai Rp 250 juta.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Stok Darah Semarang, Jumat 21 Januari 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 15:22 WIB

Pesan Kapolres kepada Bintara Remaja Polres Kendal

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:31 WIB

Sekolah di Kendal Mulai Jajaki Kurikulum Prototipe

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:16 WIB
X