Waspadai Penyakit Mulut dan Kaki di Kambing atau Sapi, Dinas Pertanian dan Pangan Kendal Datangi Peternakan

- Jumat, 13 Mei 2022 | 17:34 WIB
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kendal memeriksa sapi dan kambing di pasar hewan Cepiring Jumat 13 Mei 2022. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kendal memeriksa sapi dan kambing di pasar hewan Cepiring Jumat 13 Mei 2022. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL,AYOSEMARANG.COM - Upaya antisipasi merebaknya penyakit mulut dan kaki pada hewan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal akan mengawasi hewan ternak khusus nya kambing dan sapi.

Seluruh petugas akan dikerahkan untuk terus memantau dan memeriksa seluruh hewan sapi dan kambing, baik di peternakan maupun di pasar hewan.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Rogojati mengatakan sampai saat belum ditemukan adanya hewan sapi maupun kambing di Kabupaten Kendal yang terkena PMK.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Maut Jalan Pemuda Semarang, Mobil Tabrak Pegowes, 1 Tewas

"Sampai sekarang belum ada laporan hewan ternak yang terserang PMK. Petugas telah melakukan sosialisasi kepada peternak dan pedagang sapi di sejumlah pasar hewan seperti di Sukorejo, Boja dan Weleri," jelasnya Jumat 13 Mei 2022.

Kepada peternak maupun pedagang sapi diminta untuk segera melaporkan ke petugas, jika mengetahui hewan sapi atau kambing yang diindikasikan terkena PMK. hal ini supaya segera dilakukan penanganan oleh petugas.

"Hewan sapi atau kambing yang terindikasi terkena PMK harus dipisah atau isolasi," imbuhnya.

Baca Juga: 5 Film Horor Indonesia Terlaris, KKN di Desa Penari Nomor Berapa?

Sementara Ahmad, pedagang hewan kebau mengaku sudah mendapat sosialisasi tentang PMK dari petugas dinas. "Dinas menyarankan untuk sementara mencari dagangan hewan lokal Kendal saja," katanya.

Ahmad juga sudah mengetahui ciri-ciri hewan yang terindikasi terkena PMK, sehingga bisa mencegah hewan yang dijualnya tidak sakit dan dalam kondisi sehat.

Halaman:

Editor: Iswara Bagus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X