Pengiriman Sapi dan Kambing di Pelabuhan Kendal Ditutup Sementara, Imbas dari Wabah PMK

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 13:14 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan kepada armada angkutan yang akan diangkut KMP Kalibodri di Pelabuhan Kendal. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Petugas melakukan pemeriksaan kepada armada angkutan yang akan diangkut KMP Kalibodri di Pelabuhan Kendal. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM-- Pengiriman hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau melalui Pelabuhan Kendal dengan KMP Kalibodri sementara ditutup.

Padahal setiap pemberangkatan KMP Kalibodri dari pelabuhan Kendal selalu mengangkut sapi atau kambing.

Hal itu mengacu kepada Surat Edaran Kepala Badan Karantina Pertanian nomor 12950/kr.120/k/05/2022 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap kejadian penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Sementara memang ditutup dulu pengiriman hewan ternak tidak diperbolehkan setelah ada surat edaran pencegahan PMK,” terang Kepala UPTD Pelabuhan Kendal Andi Rahmat.

Baca Juga: Warga Kendal Temukan Kotak Amal di Saluran Irigasi

Andi mengatakan, pengawasan dan pemantauan ketat dilakukan petugas baik dari balai karantina yang ada di pelabuhan, kepolisian dan TNI AL serta ASDP. Setiap kendaraan armada yang akan masuk ke KMP Kalibodri diperiksa dan jika ditemukan mengangkut hewan ternak terpaksa dilarang terlebih dahulu.

“Dalam surat edaran disebutkan diminta meningkatan pengawasan terhadap lalu lintas media pembawa PMK dengan bekerjasama dan berkoordinasi dengan Dinas Provinsi serta Dinas Kabupaten Kota yang membidangi peternakan dan kesehatan hewan setempat, otoritas pelabuhan,” imbuhnya.

Baca Juga: Kecelakaan Karambol di Tol Tembalang Semarang Libatkan 3 Kendaraan, Lalu Lintas Tersendat

Sementara untuk hewan ternak berupa unggas masih diperbolehkan diangkut KMP Kalibodri namun harus dilengkapi surat keterangan dan dilakukan penyemprotan.

Halaman:

Editor: Lilisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X