Sejarah Roti Ganjel Rel, Makanan Khas Semarang yang Dibagikan di Dugderan 2022

- Kamis, 31 Maret 2022 | 12:29 WIB
Roti Ganjel Rel punya sejarah panjang dan akan dibagikan kepada masyarakat di Masjid Kauman Semarang. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Roti Ganjel Rel punya sejarah panjang dan akan dibagikan kepada masyarakat di Masjid Kauman Semarang. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

PEDURUNGAN, AYOSEMARANG.COM - Makanan khas Kota Semarang yakni Roti Ganjel Rel punya sejarah panjang. Ainul Fadlilah pembuat Roti Ganjel Rel dari Semarang menjelaskan bagaimana napak tilas roti tersebut.

Kata Aunil, Roti Ganjel Rel itu bisa dikatakan terinspirasi dari Onbijtkoek. Yakni roti dari Belanda yang eksis pada zaman kolonial.

Dikarenakan tampak lezat dan menggiurkan, Aunil menerangkan jika mungkin orang Jawa atau tepatnya Semarang kepingin juga membuat Tiruan Roti Ganjel Rel tersebut. Namun masalahnya, di zaman dulu membuat roti seperti itu tidak mudah.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Makanan yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati Kalian

Kendala utamanya tentu dengan bahan. Onbijtkoek terbuat dari tepung terigu kemudian telurnya juga banyak. Di atas kuenya ada sejenis kenari. Bahan-bahan itu bagi orang Semarang tentu tidak murah.

“Akhirnya jalan keluarnya menggunakan gaplek atau dari ketela,” ujarnya.

Maka jadilah Onbijtkoek versi Jawa. Karena bukan menggunakan tepung terigu, Aunil menyebut kalau Roti Ganjel Rel di zaman dulu rasanya tidak enak. Teksturnya keras dan saat dikunyah cenderung lengket karena menggunakan bahan baku ketela.

Baca Juga: Wali Kota Semarang Longgarkan Kegiatan Ramadhan, Izinkan Tarawih Keliling, Boleh Bukber Asal...

Itulah mengapa jika Roti Ganjel Rel zaman dahulu masih dipertahankan, bukan tidak mungkin makanan ini akan cepat dilupakan karena kurang enak. Maka haru diperbaharui dengan bahan baku yang baru.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Kuliner Malam Semarang, Lezat dan Legendaris

Jumat, 20 Mei 2022 | 18:54 WIB

5 Hal yang Tak Boleh Kamu Lakukan di Singapura

Jumat, 20 Mei 2022 | 08:31 WIB

Rekomendasi 4 Objek Wisata Gratis di Semarang

Selasa, 10 Mei 2022 | 23:56 WIB
X