Mengenal Garang Asem, Makanan Khas Jawa Tengah Lengkap dengan Resepnya

- Senin, 4 Juli 2022 | 19:55 WIB
Resep Garang Asem, Makanan Khas Jawa Tengah yang lezat (Istimewa )
Resep Garang Asem, Makanan Khas Jawa Tengah yang lezat (Istimewa )

AYOSEMARANG.COM -- Garang Asem adalah olahan ayam yang dimasak dengan dua kali proses, yaitu direbus dan dikukus.

Masakan ini merupakan masakan khas Jawa Tengah yang dapat ditemukan di berbagai kota seperti Semarang, Surakarta, Demak, Kudus, Pati, dan Pekalongan.

Ciri khas dari masakan ini adalah cita rasa asam yang berasal dari belimbing wuluh, gurihnya santan dan pedasnya cabai. Masakan ini biasanya disajikan dengan dibungkus daun pisang dan dihidangkan bersama nasi. Menu ini dapat digolongkan sebagai menu utama.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Daifuku Mochi, Jajanan Khas Jepang

Meskipun namanya kurang familiar namun masakan ini mudah ditemukan karena masih banyak restoran-restoran yang menjual menu ini, baik di Jawa Tengah, maupun di tempat lain, seperti di Sleman, Bantul, dan daerah lainnya.

Untuk membuat menu ini, ada berbagai resep dan cara memasak yang berbeda-beda, namun tidak meninggalkan ciri khas utama dari masakan ini. Garang Asem di Pekalongan misalnya, tidak disajikan dengan cara membungkusnya dengan daun pisang, namun langsung disajikan menggunakan mangkuk biasa.

Saat ini Garang Asam telah dibuat dengan berbagai varian, seperti menggunakan daging sapi, tanpa menggunakan santan, menggunakan tambahan sayuran lain seperti wortel, kentang, buncis, disajikan tanpa daun pisang, dan sebagainya.

Berikut salah satu resep Garang Asam yang lazim dan mudah untuk di buat di rumah.

Baca Juga: 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X